Penjualan Pajero Sport Ketendang Fortuner, Mitsubishi Masih Mainkan Edisi Spesial

Penjualan Pajero Sport Ketendang Fortuner, Mitsubishi Masih Mainkan Edisi Spesial
Mitsubishi Pajero Sport Rockfort Fosgate terbaru yang diluncurkan pada 12 Januari 2020 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia untuk kali kesekian menyodorkan edisi spesial SUV ladder frame Mitsubishi Pajero Sport dengan label Rockford Fosgate. Terhitung tahun 2018 hingga 12 Januari 2020, sudah empat kali edisi spesial tersebut dimainkan oleh agen pemegang merek kendaraan Mitsubishi di Indonesia itu untuk memantik minat konsumen.

Rekam jejak digital menunjukkan, penyodoran edisi spesial Mitsubishi Pajero Sport berlabel Rockford Fosgate dimulai pada tahun 2018, yakni di bulan April. Kemudian dilakukan lagi pada Agustus 2018, saat berlangsungnya hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Berselang dua tahun kemudian, yakni pada Juli 2020, kehadiran edisi spesial SUV pesaing berat Toyota Fortuner itu kembali dimainkan. Dan yang paling anyar, pada Selasa (12/1) Mitsubishi Motors Indonesia itu menyorongkan edisi spesial tersebut, kendati tak ada embel-embel Black Edition seperti sebelumnya.

Mitsubishi Pajero Sport Rockfort Fosgate terbaru yang disodorkan PT MMKSI – dok.Istimewa

Siaran pers MMKSI yang dilansir media online nasional menyebut edisi spesial Mitsubishi Pajero Sport itu, kini dihadirkan dalam dua varian, yaitu Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 dan Dakar 4×2.

“Kedua varian spesial ini diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan kendaraan tangguh namun juga memberikan pengalaman berbeda dengan audio premium dari Rockford Fosgate,” ungkap Presiden Director MMKSI, Naoya Nakamura.

Varian pertama dibanderol Rp 609 juta on the road untuk wilayah Jakarta. Sedangkan varian kedua, dihargai Rp568 juta on the road di wilayah Jakarta.

Penjualan ritel tertinggal jauh
Berbeda dengan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner telah hadir dalam versi terbaru atau New Fortuner pada 15 Oktober 2020 lalu. PT Toyota Astra Motor (TAM) membanderolnya – varian bermesin bensin dan disel, bertransmisi manual dan otomatis – mulai Rp 504,9 juta hingga Rp 704,5 juta on the road wilayah Jakarta.

Padahal, sepanjang Januari – September, dan bahkan hingga akhir November, penjualan Toyota Fortuner ke konsumen (ritel) sudah jauh mengungguli penjualan Mitsubishi Pajero Sport. Pun sebaliknya, penjualan Mitsubishi Pajero Sport hingga September (sebelum New Fortuner digelontorkan di Indonesia), sudah “ketendang” Toyota Fortuner, bahkan hingga akhir November.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan total penjualan ritel Fortuner di sebelas bulan pertama itu mencapai 10.630 unit. Angka ini terdiri dari penjualan varian berpenggerak roda 4×2 sebanyak 10.379 unit dan varian 4×4 yang sebanyak 251 unit.

Toyota New Fortuner – dok.Istimewa

Total penjualan ritel Fortuner tersebut dikompilasi dari penjualan bulan Januari yang sebanyak (gabungan 4×2 dan 4×4) 1.354 unit, Februari 1.626 unit, Maret 1.175 unit, April 431 unit, Mei 477 unit, dan Juni 742 unit. Kemudian dari penjualan di bulan Juli yang sebanyak 794 unit, Agustus 801 unit, September 647 unit, Oktober 1.012 unit, dan November 1.571 unit.

Sementara, pada periode yang sama total penjualan ritel yang dibukukan oleh Mitsubishi Pajero Sport sebanyak 7.502 unit (gabungan varian 4×2 dan 4×4). Artinya, penjualan Pajero Sport terpaut jauh di bawah Toyota Fortuner dengan selisih 3.128 unit.

Angka penjualan ritel Pajero Sport tersebut dikoleksi pada bulan Januari sebanyak 1.480 unit, Fenruari 1.023 unit, Maret 847 unit, April 159 unit, Mei 38 unit, dan Juni yang sebanyak 286 unit, Kemudian dari penjualan di bulan Juli yang sebanyak 549 unit, Agustus 608 unit, September 766 unit, dan Oktober 819 unit, dan November yang sebanyak 907 unit.

Mitsubishi Pajero Sport versi reguler- dok.Motoris

Lantas akankah edisi spesial terbaru Mitsubishi Pajero Sport kali ini bakal mampu mengejar dan menyalip penjualan ritel Fortuner? atau malah sebaliknya, justeri Fortuner terbaru membuat penjualan semakin melaju tak terkejar? Waktulah yang akan menjawabnya. (Fan/Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This