Di Januari Ekspor Mobil Indonesia ke Vietnam Tergeser Cina

MObil asal Cina yang diimpor Vietnam – dok.Thanh-Nien


Hanoi, Motoris – Setelah sekian lama dianggap remeh dibanding mobil asal Thailand dan Indonesia, ternyata di bulan awal tahun ini jumlah mobil asal Cina yang diimpor Vietnam menyalip jumlah mobil asal Indonesia. Bahkan, kondisi seperti itu masih bertahan hingga pertengahan Februari lalu.

Seperti dilaporkan laman Vietnam Times dan Vietnam Explorer, belum lama ini, data yang dihimpun Departemen Umum dan Bea Cukai Vietnam menunjukkan, sepanjang Januari tahun ini jumlah mobil dalam wujud utuh (CBU) yang diimpor negara itu sebanyak 8.343 unit. Total nilainya US$ 212,5 juta.

“Volume impor ini meningkat 85% dibanding bulan yang sama tahun lalu, sedangkan omset (nilainya) meningkat lebih dari 76%,” bunyi keterangan dari departemen tersebut.

Ilustrasi, satu keluarga di Vietnam melihat mobil di diler Toyota – dok.Vietnam News

Dari jumlah itu, lebih dari separuhnya atau 4.341 unit berasal dari Thailand. Sehingga, Negeri Gajah Putih itu bercokol di urutan pertama dalam daftar negara pengekspor mobil ke Negeri Paman Ho.

Sementara, tempat kedua yang selama ini ditempati Indonesia, ternyata di bulan pertama itu diambil alih oleh Cina. Negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia itu mengirim 1.463 unit mobil ke Vietnam.

Sedangkan Indonesia yang mengirimkan MPV dan mobil kecil segmen A, pada saat yang sama hanya membukukan ekspor ke Vietnam sebanyak 1.437 unit. Sehingga harus bertengger di posisi ketiga.

Diler mobil asal Cina di Vietnam – dok.Thanh-Nien

Pada bulan pertama itu Indonesia selain tertinggal jauh dari Thailand juga digeser oleh Cina. Padahal, industri mobil di Thailand dan Indonesia masih menghadapi persoalan yang serupa yakni tekanan akibat pandemi Covid-19.

Adapun data yang terekam Departemen Umum dan Bea Cukai dari Januari hingga 15 Februari total mobil yang diimpor Vietnam telah sebanyak 11.791 unit dengan total nilai US$ 280 juta

Jumlah tersebut bertambah atau meningkat 2.766 unit dengan nilai yang membengkak hingga US$ 60 juta dibanding periode sama tahun 2020.

Mitsubishi Xpander, salah satu mobil impor Vietnam yang berasal dari Indonesia – dok.VnExpress International

Menariknya, dari jumlah tersebut mobil asal Cina telah mencapai 2.000 unit lebih. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This