Pukulan Avanza ke Xpander Kena Muka Sendiri

Pukulan Avanza ke Xpander Kena Muka Sendiri

Jakarta, Motoris – Ambisi PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk mengembalikan takhta Avanza sebagai model terlaris di Indonesia, ternyata pupus. Pukulan yang semula dilayangkan Avanza kepada rival Mitsubishi Xpander, malah mengenai wajah sendiri.

Kolega Motoris dari internal perusahaan yang semula mengatakan wholesale Avanza pada Maret ini, menyentuh 9.200 unit, meralat. “Ada masalah produksi,” kata kolega tadi, Kamis (12/4/2018). Seperti diketahui, Avanza merupakan produk rebadge dari Daihatsu Xenia.

Memang, sejatinya Avanza-Xenia, disebut sebagai produk kolaborasi, mengisi ceruk pasar low multi purpose vehicle (LMPV). Tapi urusan produksi memang menjadi tanggung jawab PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Selain Avanza, Rush, adalah duo mobil murah Toyota, Agya dan Calya, yang juga merupakan hasil produksi pabrik ADM.

Data terbaru wholesale Avanza, adalah 7.097 unit. Artinya, masih dibawah hasil penjualan Xpander yang tercatat 7.493 unit. Hasil penjualan ritel, bahkan lebih parah lagi. Xpander berhasil terjual 9.338 unit, sedangkan Avanza hanya mamou terserap 7.173 unit saja.

Baca juga: Avanza Layangkan Balasan Pukulan ke Xpander

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif menarik lain-All New Suzuki Ertiga World Premiere Bintang IIMS 2018.

Secara komulatif, sepanjang kuartal pertama 2018, predikat mobil terlaris di Indonesia masih dipegang Xpander, dengan penjualan (wholesale) mencapai 21.972 unit. Avanza harus berlapang dada duduk di peringkat kedua, dengan 21.413 unit.

Namun, bukan Toyota yang punya predikat sebagai merek terlaris di Indonesia, kalau diam saja. Menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini, pasokan Avanza bakal terus digenjot. Tinggal, bagaimana kordinasi antara TAM dan ADM, bisa lebih langgeng lagi.

Pun, begitu juga dengan pihak Mitsubishi. target produksi Xpander adalah mencapai 10.000 unit, untuk memenuhi pasar domestik Indonesia dan ekspor yang ditargetkan mulai bergulir Mei 2018. Jadi, sampai akhir 2018, kedua model ini dipastikan akan terus saling berdampingan, berebut takhta model terlaris di Indonesia. (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This