Kehadiran Generasi Baru Brio Mulai Terendus

Kehadiran Generasi Baru Brio Mulai Terendus
Tampang All New Honda Brio berpotensi besar sama seperti All New Amaze yang telah diperkenalkan di India (CarDekho)

Jakarta, Motoris – Honda Brio sudah waktunya ganti model baru alias all new, setelah diproduksi mulai 2011 di Thailand dan India dan dijual di Indonesia setahun berikutnya. Selama karirnya ini, Brio telah “melahirkan” sejumlah mobil, antara lain LMPV Mobilio dan LSUV BR-V.

Brio kini tampil sebagai andalan PT Honda Prospect Motor (HPM), seiring jebloknya kinerja mesin lawas penjualan Honda, yakni Mobilio dan BR-V. Penyebabnya tentu saja harganya harganya dan varian LCGC-nya Satya. Kuartal I-2018, penjualan Brio mencapai 16.051 unit, naik 52% dari periode sama tahun lalu sebanyak 10.552 unit atau 44% dari total penjualan Honda.

Kembali ke soal generasi baru Brio, yang kehadirannya mulai terendus setelah Honda memperkenalkan All New Amaze, yang notabene adalah Brio versi sedan di India, pada Auto Expo 2018 di New Delhi, Februari silam. The Financial Express memprediksi Amaze anyar dirilis Mei 2018, setelah Amaze tertangkap kamera di lokasi syuting iklan.

Amaze terbaru dikembangkan oleh Pusat Riset dan Pengembangan Honda Asia Pasifik yang berbasis di Thailand. Mobil ini menggunakan sasis baru, sehingga muncul lah dugaan kuat generasi Brio bakal keluar. Namanya juga satu platform. Apalagi, penampakan depan Amaze lawas sama seperti Brio. Yang berbeda hanya bagian belakangnya saja. Mesin bensinnya sama, yakni 1,2 liter. Namun, Amaze hadir dengan mesin diesel 1,5 liter, lantaran dijual di India, yang konsumennya doyan mesin diesel.

Baca juga: Enggak Usah Protes, Toyota C-HR Sudah Mahal Dari Sananya

All New Amaze dipotret di lokasi syuting iklan. (Autocar India)

Motoris menduga tampang depan dan sejumlah fitur All New Amaze juga bakal hadir di Brio terbaru. Tapi, sekali lagi, ini hanya spekulasi. Sebagai informasi saja, Amaze anyar melenggang dengan wajah baru, yakni grille krom tipis dan motif sarang lebah di bagian bawahnya serta di bemper baru. Lampu depan besar, dengan lampu senja dan belakang LED.

Mesin Amaze baru terdiri atas bensin 1,2 liter, i-VTEC dan diesel 1,5 liter i-DTEC. Mesin diesel akan dipasangkan dengan transmisi CVT. Akan ada warna bodi baru, demikian di interior dan sistem hiburan berupa layar sentuh tujuh inci yang terintegrasi dengan ponsel pintar dan navigasi. Ada kontrol audio di setir, lalu fitur engine start stop dan cruise control. Kita cermati saja bagaimana perkembangan cerita generasi baru Brio. (gbr)

Honda Amaze lawas (CarDekho)

CATEGORIES
TAGS
Share This