Inden Lama, Konsumen Terios pada Kabur

Inden Lama, Konsumen Terios pada Kabur

Daihatsu Terios juga mengaalami masalah inden panjang, mengeluarkan jurus bagi-bagi voucher. dok.OTO.com

Jakarta, Motoris – Sejak Daihatsu Terios generasi terbaru meluncur akhir 2017, sampai Mei 2018 ini, inden masih mengular. Waktu menunggu alias inden cukup menguras rasa sabar calon konsumen, antara satu sampai tiga bulan, tergantung wilayah.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan, inden terjadi karena permintaan di luar dugaan. Penjualan per bulan, kata dia sekitar 3.000-an unit.

“Kita hanya bisa produksi sekarang ini sekitar 2.500-an unit per bulan, masih ada sisa dan itu yang mengakibatkan inden,” tutur Amelia ketika ditemui Motoris di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat belum lama ini.

Amel mengakui bahwa ada konsumen yang tidak sabar, sampai akhirnya memutuskan untuk membatalkan pemesanan dan pindah ke merek lain. Namun, sejauh ini dinilai masih cukup normal.

“Oleh karena itu sebelum menjadi tidak normal kita berikan satu program. Kalau inden satu bulan dapat voucher senilai Rp 1 juta untuk servis atau pembelian suku cadang. Nilai itu tergantung berapa lama inden,” ujar Amel, panggilan akrab Amelia.

Baca juga: Pajero Sport Pecundangi Fortuner

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Hasil Tes Tabrak Toyota All New Rush.

Bila merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales (distribusi pabrik ke diler) Terios sejak Januari hingga Maret 2018 sudah terjual 6.455 unit.

Jika membandingkan penjualan bulanan dengan tahun lalu, jelas terjadi peningkatan. Pada Januari 2017, penjualan hanya 904 unit, sedangkan bulan yang sama tahun ini (Januari 2018), melesat jadi 2.512 unit, begitu juga Februari dan Maret.

Rata-rata penjualannya untuk yang generasi terbaru ini selalu di atas 2.000-an unit, kecuali Februari 2018 hanya 1.605 unit. Hasil itu pun lebih besar jika dibanding dengan bulan yang sama di tahun lalu, yang hanya 1.154 unit. (kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This