Baru Dirilis, Penjualan Datsun Cross Malah Loyo

Baru Dirilis, Penjualan Datsun Cross Malah Loyo
Datsun Cross (NMI)

Jakarta, Motoris – Datsun Cross menjalani debut global di Indonesia awal 2018 dan mulai dipasok ke diler oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Maret lalu. Seharusnya, penjualan Cross tinggi, setidaknya selama enam bulan pertama, seperti yang dialami oleh model-model baru lainnya. Tapi, fakta berkata sebaliknya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan city car berkarakter kompak ini malah loyo hingga 99% menjadi tinggal 13 unit dari sebelumnya 2.223 unit. Motoris menyadari, data Gaikindo adalah penjualan secara wholesales alias pengiriman mobil dari pabrik ke diler.

Namun, biasanya, penjualan wholesales akan digenjot habis jika penjualan ritel kuat. Sebab, agen pemegang merek (APM) harus mengisi stok mobil tertentu di diler untuk meladeni penyerapan ritel dan memangkas inden, jika laku keras.

Data itu menyebutkan, tak ada penjualan Cross manual April lalu, sedangkan varian CVT 13 unit. Adapun bulan sebelumnya (Maret), penjualan Cross manual mencapai 784 unit dan CVT 1.439 unit.

Baca juga: KPK Bicara Mobil Listrik ke Presiden Jokowi

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Plus Minus Nissan Kicks Dibanding Juke.

Harga Datsun Cross mulai Rp 161 juta dan dimasukkan segmen city car oleh Gaikindo.  Mobil ini diproduksi pabrik NMI di Purwakarta, Jawa Barat, yang berdiri di lahan seluas 35 hektare (ha) dan didukung oleh 2.400 karyawan. Cross bukan LCGC, seperti halnya Go Panca.

Nilai lebih Cross, berdasarkan pengakuan NMI, adalah jarak tanah 200 mm, pelek 15 inci, body cladding gagah, dan fitur keselamatan seperti vehicle dynamic control. Mesinnnya bensin 1,2 liter dengan tenaga 68 Hp dan 78 Hp, serta torsi 104 Nm. Selain VSC, terdapat dua kantong udara di depan. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This