MotoGP 2020 di Qatar Batal Digelar Karena Corona

MotoGP 2020 di Qatar Batal Digelar Karena Corona
MotoGP seri perdana musim balap 2020 di Qatar dibatalkan untuk mencegah wabah virus Corona - dok.MotoGP

Mies Swiss, Motoris – Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) – yang merupakan organisasi internasional balap sepeda motor – resmi menyatakan seri pembuka MotoGP musim balap 2020 yang sedianya digelar di sirkuit Losail, Qatar, 8 Maret nanti dibatalkan. Langkah ini diambil setelah pemeintah Qatar membatasi kunjungan turis demi mencegah wabah virus corona, termasuk turis asal Italia.

“FIM, IRTA, dan Dorna menyesal harus mengumumkan pembatalan semua sesi MotoGP di GP Qatar, termasuk sesi balapan,” bunyi pernyataan FIM yang dilansir situs resmi MotoGP, Minggu (1/3/2020).

Kantor berita BBC, Senin (2/3/2020) melaporkan, FIM menilai larangan kunjungan itu secara langsung berdampak ke laga MotoGP. Maklum, enam pembalap kelas utama di balapan motor paling bergengsi di dunia ini berasal dari Italia.

Begitu pula dengan beberapa tim balap yang ikut serta di laga tersebut, juga berbasis di Italia. “Italia jelas memainkan peran vital dalam kejuaraan dan di kelas utama MotoGP – baik di lintasan maupun di luar – dan karena itulah, keputusan telah diambil untuk membatalkan kompetisi kelas utama tersebut,” sebut pernyataan FIM yang dikutip media itu.

Ilustrasi, balapan MotoGP di Sirkuit Losal Qatar – dok.MotoGP

Namun, laga kategori Moto2 dan Moto3 masih akan digelar pada akhir pekan ini. Pasalnya, tim dan pembalap mereka sudah di berada Qatar untuk pengujian pra-musim sejak pekan lalu, dimana keputusan pembatasan kunjungan turis belum ditetapkan.

Secara global, sekitar 86.000 orang telah terinfeksi virus corona – sebagian besar di provinsi Hubei, Cina tempat wabah itu bermula – sejak bulan Desember 2019 lalu. Dan Italia merupakan negara yang paling terpukul di Eropa, karena jumlah kematian di negeri ini akibat virus corona itu mencapai 34 orang dari sekitar 1.700 kasus yang dikonfirmasi. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This