Toyota Absen di Balap 24 Jam Nurburgring 2020, Ini Alasannya

Toyota Absen di Balap 24 Jam Nurburgring 2020, Ini Alasannya
Ilustrasi, mobil sport Lexus LC yang disiapkan untuk berpartisipasi di balap ketahanan 24 jam Nurburgring - dok.Toyota Global

Tokyo, Motoris – Tim balap Toyota Gazoo Racing memastikan tak akan ikut serta di edisi ke-48 balap “24 Hours of Nürburgring Endurance Race” yang bakal digelar 24 – 27 September mendatang. Absennya tim Toyota di balap ketahanan bergengsi itu merupakan kali pertama sejak 13 tahun terakhir.

Seperti dilaporkan laman resmi Toyota Global, Jumat (22/5/2020), sejatinya para insinyur Toyota telah menyiapkan diri untuk ikut serta di laga balap Nürburgring 2020. Merek telah menyiapkan mobil balap Lexus LC yang dirancang khusus untuk laga tersebut.

Hanya sayang, harapan dan rencana mereka harus kandas setelah dihitung-hitung waktu yang mereka butuhkan untuk persiapan menjelang balapan tak cukup. Wabah virus corona yang mendera dunia, telah menyebabkan adanya pembatasan perjalanan.

Alhasil, jika dipaksakan mereka tak akan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pengetesan mobil di sirkuit Nürburgring, sebelum balapan digelar. Tentu, kondisi seperti itu akan membuat tim engineer Toyota tak punya kesempatan untuk penyesuaian yang diperlukan mobil balap tersebut.

Tim balap Toyota yang berlaga di balap ketahanan 24 jam di Nurburgring – dok.Toyota Global

“Kami meminta maaf kepada penggemar yang senantiasa memberi dukungan dan telah setia menunggu balapan 24 Jam tahun ini. Tetapi, kami memohon pengertian Anda semua tentang keputusan kami ini,” bunyi pernyataan Toyota Gazoo Racing.

Penyelenggara “24 Hours of Nürburgring Endurance Race” sebenarnya juga telah mengundurkan jadwal balapan tersebut. Seharusnya jadwal balapan itu tiba pada bulan Mei ini, namun karena Covid-19, pelaksanaan laga balap itu diundur 24 – 27 September mendatang.

Toyota tercatat sejak tahun 2007 lalu selalu berpartisipasi di laga tersebut. Pabrikan asal Jepang itu, tak pernah absen di balapan yang juga memiliki manfaat sebagai ajang pembuktian kemajuan pengembangan mobil oleh pabrikan.

Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda juga tak bisa menyenbunyikan rasa sedih karena timnya tak bisa ikut berlaga di ajang itu. Dia pun berkisah, pada suatu hari seorang temannya yang tinggal di Nürburg, Jerman, mengiriminya sebuah foto ‘bunga sakura Nürburg’ yang tengah mekar indah.

Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda – dok.Integrity Exports, Japan

Selama 13 tahun terakhir, kata Toyoda, saban tahun tim Toyota dan dirinya berjanji untuk membuat mobil yang lebih baik di depan bunga sakura sebelum perlombaan.

“Tetapi, kami tidak dapat melakukannya tahun ini, dan kekecewaan saya sangat besar. Bahkan dalam keadaan yang buruk ini, dan meskipun saya jauh di Jepang, ketika melihat foto itu saya sekali lagi berjanji untuk terus membuat mobil yang lebih baik,” ujar Toyoda. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This