Masih Dihantui Corona, Dorna Batalkan MotoGP Jepang 2020

Masih Dihantui Corona, Dorna Batalkan MotoGP Jepang 2020
Ilustrasi, laga balap MotoGP - dok.MotoGP

Roma, Motoris – Penyelenggara balapan MotoGP, Dorna, Senin (1/6/2020) menyatakan pembatalan penyelenggaraan seri balap MotoGP di Motegi, Jepang, yang sedianya digelar 18 Oktober mendatang. Dampak wabah virus corona (Covid-19) menjadi alasannya.

Seperti dilaporkan Reuters, Senin (1/6/2020) pembatalan ini merupakan untuk pertama kalinya sejak MotoGP Jepang tahun 1986. Dan pembatalan laga di Negeri Matahari Terbit itu merupakan pembatalan seri balapan yang keenam di sepanjang musim balap 2020 ini.

“Perpanjangan larangan perjalanan internasional yang tidak diharapkan. Sebagai hasil dari diskusi kami dengan Dorna … kami sepakat bahwa kami tidak punya pilihan selain membatalkan GP Jepang untuk menyelesaikan musim (balap 2020),” tutur presiden manajer sirkuit Mobilityland Corporation, Kaoru Tanaka.

Chief Executive Dorna, Carmelo Ezpeleta, dalam pernyataan resmi mengatakan, Dorna akan fokus untuk memperbanyak laga balap di benua Eropa sebagai ganti dari sejumlah pembatalan seri balap itu. Sedangkan penyelenggaraan balap di benua itu, dijadwalkan berlangsung mulai pertengahan November mendatang.

Ketua Dorna, Carmelo Ezpeleta – dok.Getty Image via MoreBikes

Seperti dikutip laman Crashnet, Senin (1/6/2020) Ezpeleta mengatakan, laga balap di luar Eropa masih ada kemungkinan untuk digelar, yakni setelah pertengahan November. Ada empat lokasi yang berpeluang menjadi tempat pelaksanaannya.

Mereka adalah Thailand, Malaysia, Amerika Serikat, dan Argentina. Meski, untuk penggelaran laga balap di empat negara ini juga harus dilakukan penjadwalan ulang.

Sebab, laga balap di Thailand sebelumnya direncanakan berlangsung 4 Oktober, Malaysia 1 November, Amerika Serikat 15 November, dan Argentina 22 November. Sedangkan laga di Valencia, Spanyol – yang semula djadwalkan sebagai laga penutup seri balap 2020 – ada kemungkinan dimajukan menjadi 29 November.

Ilustrasi – dok.Reuters

“Penyelengggara MotoGP berusaha keras untuk memulai musim 2020 dengan menggelar event sebanyak dan seaman mungkin. Kami memutuskan MotoGP tetap di Eropa dan menggelar balapan sebanyak mungkin hingga pertengahan November,” ungkap Ezpeleta. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This