Kurasi 50 Karya Modifikator Indonesia di IMX 2018

Kurasi 50 Karya Modifikator Indonesia di IMX 2018

Jakarta, Motoris – Asosiasi modifikator dan pelaku industri after market nasional atau National Modificator & After Market Association (NMAA) siap menggelar pameran perdananya, Indonesia Modification Expo (IMX) 17-18 November 2018.

Dengan pameran ini, NMAA bertekad membuat industri modifikasi nasional bukan hanya menjadi ladang yang menjanjikan bagi pelakunya, tetapi juga influencer di Asia Tenggara bahkan dunia.

“Tekad ini tidak berlebihan. Sebab, Indonesia memiliki modifikator yang sangat bertalenta yang karya-karyanya sering melebihi ekspektasi. Bahkan, tidak sedikit modifikator luar negeri terkagum dibuatnya. Pada sisi lain, industri aftermarket kita juga besar seiring dengan pertumbuhan kendaraan bermotor,” ucap founder NMAA, Andre Mulyadi, saat ditemui di sela acara Buka Puasa bersama, di Jakarta, Selasa (29/5/2018).

Andre Mulyadi, Founder NMAA – dok.Motoris

Meski tak menyebut besaran nilai pasar modifikasi dan aftermarket di Tanah Air, namun Andre berani memastikan jika terus didorong untuk berkembang, keduanya akan memberikan kontribusi ke pertumbuhan ekonomi nasional yang besar. Alasannya, potensi pasar industri ini sangat besar.

Pertama, banyak masyarakat Indonesia menggemari modifikasi. Kedua, industri produk aftermarket di Tanah Air jumlahnya juga tak bisa dihitung dengan jari. Ketiga pasar otomotif atau mobil, berpeluang untuk terus berkembang karena kepemilikan mobil belum merata. Dan keempat, ekonomi masyarakat juga terus naik seiring dengan

“Bicara soal ubahan di mobil, masyarakat kita sangat menggemari. Mulai dari yang sangat sederhana, yakni menambahkan pernak-pernik atau aksesoris, melapisi jok, pasang sticker, grafis, ganti perangkat hiburan audio dan visual, sampai modifikasi yang tingkatnya rumit, dan bahkan custom. Di negara kita ini sangat banyak. Lebih banyak dibanding negara-negara tetangga,” kata Andre.

Baca juga: Jumpa Toyota Corolla GT 1600 Asli, Bukan Ala-ala!

Standarisasi
Selain hasil pengerjaan yang bagus, ide-ide para modifikator Indonesia seringkali orisinal meski pengaruh konsep dan aliran juga tak lepas dari tren dunia.  Fakta ini menjadi keunggulan tersendiri.

Agar karya-karya para modifikator yang bernilai tinggi itu juga diakui oleh internasional, Andre bersama teman-temannya menggagas dilakukannya standarisasi modifikasi.

Toyota Yaris Custom hasil kreasi Signal Custom – dok.yellowdino.com

“Hanya memang, tantangannya adalah standarisasi dari produk ini. Oleh karena itu, kita juga akan melangkah bagaimana melakukan standarisasi dari karya teman-teman ini, sehingga bisa diterima oleh pasar global ketika diekspor misalnya,” ujar bos Signal Kustom itu, menjelaskan.

Baca juga: Mengenang Mobil Sport Legendaris Swedia, Volvo P1800

Kurasi mobil terbaik
Menyinggung kesiapan IMX 2018, Andre memastikan sampai saat ini dari total kuota booth yang disediakan 80% sudah dipesan para peserta. Menaiknya, mereka bukan hanya produsen atau distributor produk aftermarket saja, tetapi juga Agen Pemegang Merek (APM) mobil, komunitas, dan bahkan industri modifikasi dari negara lain seperti Jepang dan Amerika Serikat.

“Untuk APM, sejauh ini sudah ada Datsun dan Daihatsu yang sudah menyatakan ikut serta. Dalam event ini APM akan menghadirkan produk baru mereka, dan produk itu akan hadir dengan sentuhan modifikasi dari modifikator kita. Artinya, setiap unitnya mendapatkan sentuhan personalisasi khusus yang tidak ada di unit standar,” ungkap Andre.

Ilustrasi – dok.Hondajava.com

Satu hal lagi yang bakal disuguhkan IMX 2018 adalah hadirnya 50 mobil terbaik di Indonesia yang akan dikurasi secara cermat. Karya-kata itulah, lanjut Andre, yang akan disajikan kepada khalayak internasional, sehingga terlihat kualitas terbaik hasil kreasi modifikator nasional.

“Kita ingin seperti SEMA (Specialty Equipment Market Association) di Las Vegas, Amerika Serikat, dan Tokyo Auto Salon. Bahkan kalau bisa harus lebih dari itu. Makanya, kita mulai IMX ini,” imbuh Andre. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, untuk grafis otomotif terkini lainnya-NMAA Pamerkan Mercedes-Benz W212 Great Indonesia di Jepang.

CATEGORIES
TAGS
Share This