Vector W8, Supercar yang Sempat Bikin Heboh Sentul

Vector W8, Supercar yang Sempat Bikin Heboh Sentul

California, Motoris – Pernahkah Anda mendengar mobil bernama Vector? Mungkin merek supercar asal Amerika Serikat ini sangat asing di kalangan kita. Namun, siapa sangka mobil super itu ternyata pernah muncul di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada tahun 1992.

Dari berbagai sumber yang dikutip Motoris menunjukan, mobil ini dibuat oleh pabrikan bernama Vector Aeromotive Corporation yang berbasis di Wilmington, California, di kurun waktu 1990-1993. Dia merupakan buah karya dari Gerald Wiegert dan David Kostka.

Sesuai dengan namanya, Vector Aeromotive, menggunakan bahan kedirgantaraan terbaru dan tercanggih – kala itu – untuk membuat W8. Bodi Vector W8 menggunakan bahan dari serat karbon dan Kevlar.

Sedangkan dashboard menggunakan instrument yang diambil dari pesawat Jet F117A, F14A, dan F16 Falcon. Bagian-bagian itu bisa digunakan di mobil karena diizinkan secara hukum dalam peraturan di Negeri Abang Sam, terutama untuk mobil berteknologi aeromotif.

Baca juga: Suzuki Siapkan Seteru Datsun Cross

Bagian dashboard menggunakan perangkat yang biasa digunakan jet tempur – dok.Istimewa

Hal menarik lain dari Vector W8 adalah jumlahnya yang hanya 19 unit. Itu pun terdiri dari 17 unit untuk dijual ke konsumen dan 2 unit pra produksi yaitu prototipe W2, dan Avtech AWX3R . Artinya, mobil ini bisa dibilang langka di dunia.

Lantaran teknologi yang ciamik, desain yang oke, plus jumlahnya yang terbatas, Vector Aeromotive Corporation membanderolnya US$ 448.000 atau dalam kurs sekarang senilai Rp 6,3 miliar.

Muncul di Sentul
Sedangkan bagi Indonesia, sejatinya supercar ini juga memiliki catatan sejarah tersendiri. Pasalnya, salah satu unit Vector W8 dengan sasis bernomor 15 dari 17 yang pernah diproduksi pernah singgah di Indonesia.

Saat itu tahun 1992, Vector W8 itu mencicipi panasnya aspal sirkuit Sentul. Hal itu terungkap dari foto-foto yang diabadikan seorang fotografer asal Amerika bernama Mashall Farthing.

Baca juga: Proton Putra WRC, Proyek Ambisius yang Teronggok

Salah satu bukti supercar ini pernah muncul di Sirkuit Sentul, Bogor, Indonesia – dok.istimewa

Belum lama ini memposting di akun Facebooknya hasil jepretannya tentang Vector W8 Twin Turbo itu. Pada tahun itu, kata Farthing, Vector W8 baru menempuh sekitar 662 mil atau sekitar 1.059 kilometer.

Bukti lain menunjukan, di pintu sisi kiri dari Vector W8 ini masih terdapat sticker pass Scrutinering Sirkuit Sentul tahun 1992. Hanya, kami juga tidak mengetahui kenapa Vector W8 ini bisa singgah ke Sirkuit Sentul pada tahun itu. (Rev)

dok.Istimewa

Bagian kabin memancarkan aura teknologi aeromotif – dok.Istimewa

CATEGORIES
TAGS
Share This