Honda Patenkan Desain Motor Café Racer 6 Silinder

Honda Patenkan Desain Motor Café Racer 6 Silinder

Tokyo, Motoris – Demam motor café racer yang kembali mewabah sejak beberapa tahun terakhir memantik minat Honda Motor untuk membuat varian itu dalam versi baru. Niat ini terungkap dari langkah pabrikan berlambang sayap mengepak itu mematenkan desain motor bergaya café racer yang berbasis Honda CBX.

Seperti dilaporkan laman Motorcycle dan NDTV, Rabu (4/7/2018) lalu, Honda telah mengajukan hak paten atas desain motor tersebut ke kantor hak paten dan intelektual Jepang. Meski mengungkap rincian gaya desain berikut bentuk bagian-bagian dari motor itu, tetapi Honda masih belum merinci spesifikasi teknisnya.

Kendati begitu, bisa dipastikan basis dari motor itu adalah Honda CBX yang pernah dproduksi Honda pada kurun waktu 1978-1982. Pabrikan ini diperkirakan bakal mengadopsi teknologi terkini di superbike untuk motor bermesin 6 silinder dengan pendingin cairan tersebut.

Sementara, jika dilihat dari sketsa yang diajukan untuk hak paten itu terlihat, motor ini mengusung gaya styling cafe racer klasik. Bentuk lampu bulat klasik – kemungkinan sudah LED – plus fairing mungil menguatkan kesan gaya motor balap di era 1960-an.

Tampilan dari samping sketsa Honda Cafe Racer berbasis Honda CBX – dok.Motorcycle

Sedangkan setangnya yang bergaya clip-on, lampu sorot dan seat cowl belakang yang digunakan mengingatkan orang dengan gaya desain Triumph Thruxton R, atau BMW R nine T Racer.

Menariknya, di sketsa itu terlihat, meski motor ini menggunakan jok single seater tetapi nampak footstep atau pijakan kaki. Artinya, motor tersebut juga bisa digunakan untuk berboncengan. Terlebih, di buntut tawon juga terlihat garis seolah bisa dilepas.

Keunikan lain yang disuguhkan ada pada lampu rem klasik yang berukuran mungil. Begitu pun dengan spakbor belakang mirip spakbor CBR250RR. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This