Buah Kesabaran Menyimpan Ford Mustang Rongsok

Buah Kesabaran Menyimpan Ford Mustang Rongsok
Gail Wise berpose bersama Ford Mustang tahun 1964 yang dia beli saat dirinya berusia 22 tahun yakni pada 15 April 1964 - dok.Getty Image via Daily Mail

Michigan, Motoris – Pasangan suami istri Tom dang Gail Wise, awalnya hanya ingin meluruskan informasi ketika ada seseorang di internet mengklaim sebagai pembeli pertama Ford Mustang 1964 karena mereka sehari lebih awal membelinya. Tak dinyana, setelah mobil milik pasangan ini ditunjukan ke publik kondisinya jauh lebih cling dan harganya ditaksir mencapai Rp 6,8 miliar.

Seperti dilaporkan Detroit Free Press dan Foxnews belum lama ini, mobil Ford Mustang convertible itu dibeli Gail saat dirinya masih lajang berumur 22 tahun. Tepatnya, tanggal 15 April 1964.

Kala itu, Gail yang seorang guru sekolah dasar diantar orang tuanya ke diler Ford yang berada di sebelah Barat Laut kota Chicago. Setelah memakainya  selama 15 tahun pasangan itu berganti mobil baru.

Pasangan Tom dan Gail Wise saat mengemudikan Ford Mustang Convertible 1964 miliknya

Ford Mustang itu diparkir  dan teronggok begitu saja di gudang dan tak pernah disentuh. “Saat itu, aku memintanya (Tom) untuk menjual saja karena banyak tumpukan barang. Toh, sudah tak terpakai. Lebih baik dijual rongsokannya,” kata Gail.

Namun, tak demikian dengan Tom. Dia beralasan akan melakukan perbaikan mobil ini setelah dia pensiun. “Dia berjanji akan mengurusnya setelah pensiun,” kata Gail menjelaskan.

Restorasi
Ternyata benar Tom memenuhi janjinya. Saat dia pensiun pada tahun 2002 lalu, mobil itu kembali dibersihkan. Dia kembali melihat kondisi mesinnya masih oke meski ada beberapa komponen dan bagian yang diganti.

Hingga suatu saat di bulan Agustus 2018 lalu, Tom menemukan testimoni seorang pemilik Ford Mustang tahun 1964 yang mengaku sebagai orang pertama yang membeli mobil tersebut. Dia mengaku membelinya pada 16 April 1964.

Pengakuan itu diberikan karena Ford Motor Company menelusuri dan mencari siapa pembeli Ford Mustang model itu pertama kali karena akan merayakan produksi yang ke-10 juta dari mobil tersebut.

Tom pun memberi tahu istrinya. “Sepertinya kamu lebih duluan. Kamu lah orang yang pertama yang membelinya. Sehari sebelum dia (orang yang mengaku di internet),” ujar Tom kepada Gail.

Pasangan Tom dan Gail Wise bersama anak-anak berfoto di Ford Mustang miliknya – dok.Getty Image via Daily Mail

Keduanya lantas bergegas mencari kuitansi pembelian, faktur kendaraan, bukti kepemilikan mobil, serta polis asuransi kendaraan. Semua bukti itu dinyatakan asli oleh perusahaan asuransi Hagerty Classic Insurance dan perwakilan Ford.

Ford akhirnya mengundang mereka ke Detroit, Michigan untuk hadir di acara Woodward Dream Cruise yang digelar di Royal Oak Ford. Mobil mereka juga dipajang untuk dipamerkan ke publik.

Gail girang bukan kepalang saat mengetahui harga dari mobil itu menurut perkiraan Hagerty Classic Insurance, yakni US350.000 450.000 atau sekitar Rp 5,9 – 6,8 miliar. “Penggemar tertarik, karena Mustang yang dijual pertama masih dimiliki oleh pemilik aslinya,” tutur Juru Bicara Hagerty Insurance, Jonathan Klinger.

Wanita ini terlihat semringah saat para wartawan mewawancarainya.”Kini aku seperti menjadi bintang film di usiaku yang ke-76 tahun. Aku merasa seperti bintang film di usia 22 tahun, ketika aku membeli mobil ini. Ini membahagiakan, ” ungkap Gail diiringi tawa. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This