Mengenal Bentley R-Type Continental yang Fenomenal (2)

Mengenal Bentley R-Type Continental yang Fenomenal (2)
Bentley R-Type Continental saat dites jalan - dok.Istimewa

Cricklewood, Motoris – Jerih payah kerja keras Ivan Evernden dan kawan-kawan dalam mengembangkan Bentley R-Type versi grand tourer, terbayarkan pada bulan September 1951. Kala itu, sirkuit Lautodrome de Linas-Montlhéry, dekat kota Paris, Prancis, Bentley ini mencatatkan kecepatan rata-rata 190 kilometer per jam (kpj) dalam lima putaran sirkuit.

Namun, mencorongnya hasil uji coba itu tak serta merta membuat pabrikan menerimanya dengan penuh suka cita. Malah, dianggap tidak terlalu resmi. Karena beberapa anggota dalam dewan direksi menganggap bahwa mobil yang sedang dikembangkan tersebut terkesan terlalu sportif.

Kendati begitu, dengan bantuan rekanan perusahaan dan diler di luar Inggris, Evernden berusaha menyakinkan dewan direksi bahwa tetap ada potensi pasar untuk Bentley grand tourer. Caranya, ada perbedaan antara versi protipe yang dites di sirkuit itu dengan versi produksi nantinya.

Singkat cerita, alasan Evernden diterima. Dia dan timnya kemudian melakukan ubahan. Itu diwujudkan kaca depan one-piece, atap yang sedikit lebih rendah, dan bentuk fender belakang yang direvisi.

Bentley R-Type Continental versi produksi dibuat berbeda dengan versi prototipenya yang lebih berkarakter sport – dok.Istimewa

Hasilnya,ternyata tak meleset. Pesanan pun datang dari segala penjuru dunia, meskipun Bentley R-Type Continental ini dibanderol dengan harga £6.928 di tahun 1952.Padahal, di saat yang sama, pendapatan rata-rata warga Inggris £468 per tahun dan harga rumah £1.891.

Pada saat peluncuran, seorang jurnalis otomotif asal Inggris membuat kesimpulan, “Apapun dan bagaimanapun pengalaman berkendara yang pernah seseorang rasakan, tidaklah sama saat mengendarai mobil ini. Bentley ini seolah seperti permadani ajaib yang akan membuai pengemudi dan penumpangnya di perjalanan, sehingga mereka tidak akan merasa lelah sedikitpun,” tulisnya.

Kenyamanan interior

Daya tarik Bentley R-Type Continenal tak hanya di mesin dan eksterior saja, tetapi juga interior yang menawan dan nyaman. Material kulit yang dipadu dengan material dari kayu burr walnut di sejumlah bagian membuat aura mewah mencuat. Mulai dari dashboard, jok. Bahkan, meski jok terkesan sederhana, namun begitu tubuh mendapat posisi yang optimal saat duduk, tingkat kenyamanannya setara dengan Bentley modern.

“R-Type Continental merupakan Bentley paling spektakuler di era 1950an,” jelas Director of Royal and VIP Relations and Head of the Heritage Collection, Richard Charlesworth.

Maklum, desain bodi fastback yang diusungnya memang memberi kesan dramatis. Kabin yang lapang dan nyaman bagi empat orang dewasa, serta ruang bagasi yang lapang untuk membawa barang bawaan mereka dalam perjalanan jauh.

Material kuit dan kayu di Bentley R-Type Continental mebuat nuansa interior mewah dan nyaman – dok.Istimewa

Sedangkan di sektor mesin ada pengembangan. Terbukti, versi selanjutnya dibekali 4.9 liter dengan peningkatan tenaga hingga 178 hp dibanding versi sebelumnya. Di akhir produksinya, tak kurang dari 208 unit R-Type Continental berhasil dibuat.

Dari jumlah itu 193 unit di antaranya dibuat oleh perusahaan karoseri H. J. Mulliner & Co. Sedangkan 15 unit lainnya dibuat oleh perusahaan karoseri lain, seperti Park Ward (6 unit), Franay (5 unit), Graber (3 unit) dan Pininfarina (1 unit). (Adp)

CATEGORIES
TAGS
Share This