Mencuci Mobil yang Tak Bikin Cat Kusam atau Baret

Mencuci Mobil yang Tak  Bikin Cat Kusam atau Baret
Ilustrasi mencuci mobil - dok.Youtube

Tangerang, Motoris –Mencuci mobil memang terlihat gampang dilakukan karena dengan mengguyurnya dengan air, lalu dilabur dengan cairan yang bercampur sampo khusus, bilas, keringkan, selesai. Namun, sejatinya ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan agar lapisan cat di seluruh bagian luar mobil tak tergores.

“Kalau terjadi goresan di lapisan cat, itu kan artinya ada luka meskipun luka itu tidak dalam atau bahkan nayris tidak terlihat tetapi baret kalau diperhatikan dengan seksama goresan tersebut ternyata ada,” tutur Service Advisor Oto Mekanika, Serpong, Tangerang Selatan, Taupik Hidayat, belum lama ini.

Lantaran itulah, kata pria yang akrab disapa Opik ini, mencuci mobil juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Hal pertama yang perku dilakkukan adalah menyemprot atau mengguyur seluruh bagian luar mobil dengan air untuk meluruhkan kotoran yang menempel.

Usahakan untuk menggunakan tangan mencoba meraba bagian demi bagian apakah ada partake kasar – butiran pasir, meski sangat kecil – yang masih menempel di bagian-bagian bodi.

Ilustrasi, mencuci mobil di temapt pencucian mobil – dok.Motoris

“Jika masih ada semprot lagi bagian tersebut hingga benar-benar hilang. Setelah itu, siapkan dua ember air. Ember pertama berisi air yang bercampur dengan sampo untuk mencuci. Ember kedua, untuk membilas spon agar kotoran atau partikel kasar yang menempel di spon setelah digunakan mengusap bodi mobil juga luruh. Dengan begitu spon aman digunakan untuk mengusap bagian lainnya di bodi mobil,” kata Opik.

Dengan cara itu pula, maka kemungkinan terjadi baret halus di mobil juga akan terhindarkan. Setelah itu, lakukan pencucian – mengusap bagian demi bagian bodi mobil dengan spon yang sudah dicelup ke cairan air dan sampo – secara berganti.

Setelah selesain mengusap, cuci spon di ember berisi air, begitu seterusnya hingga rata. Setela itu bilas mobil dengan air yang – disarankan – semburannya cukup kencang sehingga meluruhkan sisa kotoran yang ada. Dan kemudian keringkan dengan lap lembut, seperti kanebo atau sejenis.

Namun, satu hal lagi yang patut diingat gunakan sampo mobil dengan keterangan bahwa kandungan PH cocok untuk mobil yang ada di Indonesia dengan iklim tropis. Kedua, jangan menggunakan sabun colek. Pasalnya, jika salah memilih sampo maka warna cat mobil akan cepat kusam.

Disarankan agar mobil sesekali dalam periode tertentu di-wax atau dipoles untuk menjaga kilau cat dari serangan jamur – dok.Motoris

Agar kilau cat tetap terjaga kecemerlangannya disarankan agar sesekali dalam periode tertentu dilakukan pemolesan atau minial wax.(Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This