Tampilan, Masih Jadi Pertimbangan Utama Pembeli Mobil

Tampilan, Masih Jadi Pertimbangan Utama Pembeli Mobil
Ilustrasi, keluarga yang akan membeli mobil - dok.Cars.usnews.com

Jakarta, Motoris – Sampai saat ini aspek tampilan eksterior masih menempati urutan pertama dalam daftar pertimbangan masyarakat calon konsumen saat akan membeli mobil. Sementara, fitur – termasuk teknologi – berada di urutan ketiga setelah harga.

“Tampilan eksterior masih menjadi daya tarik utama bagi konsumen (di Indonesia) saat akan membeli mobil. First impression mobil ya di desain ini,” tutur Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto saat dihubungi, belum lama ini.

Sementara, harga berada di urutan berada di urutan kedua. Meski, lanjut Jongkie, bagi kelompok masyarakat kelas atas dengan daya beli yang tinggi, besaran harga bukan masalah namun soal tampilan masih menjadi yang pertama.

“Sedangkan di kelompok menengah ke bawah, harga menjadi aspek yang sensitif. Kalau harga lebih mahal, bisa menjadi kendala pembelian,” ujar Jongkie.

Pernyataan serupa diungkapkan General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui di sela media gathering di Jakarta, beberapa waktu lalu. Menurutnya, tampilan terutama eksterior dan interior menjadi pemantik minat yang utama bagi konsumen.

Ilustrasi,Toyota New Yaris, hatchback Toyota yang terus diperbarui tampilannya – dok.AstraToyotaBogor.id

“Konsumen umumnya melihat tampilan dulu sebelum memutuskan membeli. Itu jadi first impression, kesan pertama. Makanya, ada refreshment, improvement, itu penting,” kata dia.

Seperti halnya Jongkie dia menyebut harga dan mereka berada di ututan berikutnya. Merek bukan saja menjadi pertimbangan penting karena dinilai menjadi bagian dari refleksi jaminan kualitas, tetapi juga nilai atau harga jual kembali.

“Karena banyak orang yang sudah memikirkan bagaimana nanti harga mobilnya kalau dijual,” kata Soerjo.

Aspek berikutnya adalah teknologi. Aspek yang dilihat calon konsumen di teknologi ini termasuk soal keritan bahan bakar. Sedangkan soal fitur – baik kenyamanan maupun keamanan – masih belum banyak konsumen yang dengan khusus memperhatikannya. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This