Mau Sewa Mobil Buat Mudik? Perhatikan Ini

Mau Sewa Mobil Buat Mudik? Perhatikan Ini
Ilustrasi, sebuah keluarga muda menyewa mobil - dok.nerdwallet.com

Jakarta, Motoris – Bagi sebagian masyarakat menyewa mobil di saat mudik lebaran merupakan satu pilihan, dengan berbagai alasan yang dirasa lebih menguntungkan meski sejatinya banyak diantara mereka banyak yang telah memiliki mobil. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan pada saat menyewa kendaraan tersebut.

Faktor pertamatentu saja dari sisi finansial. Terutama bagi mereka yang telah memiliki mobil, tetapi dirasa akan lebih boros jika menggunakan mobil pribadi. Diantaranya, biaya servis mobil yang lebih mahal, mobil yang boros bahan bakar, atau jenis mobil yang tidak nyaman untuk sekeluarga dan sebagainya.

“Tetapi, secara umum – baik yang sudah maupun yang belum punya mobil – adalah budget mudik, apakah mencukup untuk keperluan selama mudik maupun setelah kembali. Itu perlu dihitung secara cermat, jangan sampai bisa senang-senang di kampung halaman, tetapi setelah itu prihatin saat kembali ke tempat. Makanya perencanaan keuangan itu penting,” tutur Financial Planner Eternity Consulting, Swasti Saraswati, saat dihubungi, Sabtu (11/5/2019).

Ilustrasi perjalanan jarak jauh menggunakan mobil bersama keluarga – dok.Searcy Denney

Jika telah diputuskan untuk menyewa mobil, maka pastikan menyewa di perusahaan yang memiliki layanan bagus. Bukan sekadar para petugas yang ramah dan cepat menyetujui penyewaan, plus harga murah saja, tetapi juga memiliki layanan darurat.

“Ini penting, jika ternyata dalam perjalanan mudik ternyata mobil mengalami suatu masalah. Sehingga, Anda butuh pertolongan. Kalau perusahaan penyewaan itu mempunyai layanan darurat yang beroperasi selama 24 jam saat masa mudik, tentu akan lebih bagus,” saran perempuan yang akrab disapa Asti itu.

Kedua, lakukan perbandingan harga dengan perusahaan-perusahaan lain yang sekelasnya. Pastikan, apakah tarif yang dipatok sudah termasuk asuransi kecelakaan, sehingga jika terjadi risiko Anda terhindar dari kerugian besar.

Konsumsi BBM hingga denda
Ketiga, pastikan mobil yang Anda sewa sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga selama mudik. Selain itu, pastikan juga model tahun mobil tersebut sesuai dengan yang ditawarkan perusahaan.

“Jangan lupa, pastikan bagaimana dengan tingkat konsumsi bahan bakar dari mobil itu. Sebab, ini juga menyangkut anggaran dan perencanaan keuangan Anda, biar Anda sekeluarga tidak tekor pasca mudik. Karena selain biaya BBM, juga ada biaya lain selama perjalanan mudik seperti bayar jalan tol, makan, dan lainnya,” terang Asti.

Pemeriksaan kondisi kendaraan wajib dilakukan sebelum memutuskan menyewanya – dok.reynainjurylaw

Keempat, jika sudah memeriksa dan menganalisa biaya operasional kendaraan sepanjang perjalanan mudik dan balik, langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi mobil. Pemeriksaan mulai dari bagian eksterior hingga interior.

Pastikan tidak ada cacat atau baret di mobil maupun kerusakan di interior. Jika terjadi hal semacam itu, sebaiknya segera beri tahu petugas perusahaan tersebut, atau memilih mobil yang lain jika ada alternatif.

“Setelah itu cobalah untuk menghidupkan mesin dan mencobanya berjalan. Ini untuk memastikan tak ada masalah di mesin, rem, dan sebagainya. Demi kenyamanan dan keamanan tentunya,” kata Asti.

Jika semuanya beres, jangan langsung bayar. Tanyakan, apakah ada penalti atau denda jika pengembalian mobil ternyata meleset dari waktu yang diperjanjikan antara Anda dan perusahaan itu, meski hanya terpaut beberapa jam.

Ilustrasi penyewaan mobil – dok.Idealtravelplan

Jika ada,  atau yang kelima, tanyakan berapa biaya penalti itu.Kalau ternyata biaya denda tersebut jauh melebihi kewajaran, sebaiknya tinggalkan saja perusahaan ini. Jika masih wajar, silahkan bayar sewa. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This