Catat, Kamera E-Tilang Kini Rekam Wajah Pelanggar Lalin

Catat, Kamera E-Tilang Kini Rekam Wajah Pelanggar Lalin
Ilustrasi - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Terhitung sejak Senin (1/7/2019) kemarin Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memperluas titik penerapan Electronic Traffic Law Enforcement E-TLE atau tilang elektronik. Seiring degan perluasan ini perangkat yang digunakan – terutama kamera perekam – juga semakin canggih, yakni bisa merekam wajah pelanggar lalu-lintas.

Menurut Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Poliri (AKBP) M. Nasir kamera tersebut memiliki fitur yang lebih cangih dari kamera sebelumnya. “Saat ini ada 10 kamera E-TLE dengan penambahan fitur terbaru yang akan ditempatkan di 10 titik sepanjang jalan Sudirman-Thamrin,” kata Nasir saat dihubungi di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Fitur anyar atau lebih tepatnya kecanggihan kamera itu adalah kemampuannya dalam merekam tindak pelanggaran pengguna jalan. Tak hanya wajah pengemudi kedaraan saja yang terpantau dan terekam, tetapi juga aktifitas mereka.

“Misalnya, melewati batas kecepatan, melanggar ketentuan pelat ganjil-genap, penggunaan sabuk pengaman dipakai atau tidak, menggunakan telepon genggam, dan sebagainya. Itu semua akan terekam,” terang Nasir.

Pemberitahuan tentang pemberlakuan tilang elektronik di salah satu sudut kota Jakarta – dok.Motoris

Dengan fitur anyar ini diharpkan pelaggaran lalu-lintas juga semakin enurun. Sebab, fakta menunjukan, sejak diberlakuan 1 November 2018 lalu hingga kini atau dalam rentang waktu tujuh bulan sejak berlaku, sudah 12.000 lebih pelanggar aturan lalu-lintas terjerat. “Dan tentunya jumlah pelanggar menurun,” kata Nasir.

Lantaran itulah, area pemberlakukan kini juga diperluas. Setidaknya ada 10 wilayah atau area yang kini dipasangi kamera (CCTV) versi baru dengan fitur canggih tersebut.

Area itu adalah :
1. Jembatan penyeberangan orang (JPO) MRT Bundaran Senayan.
2. JPO MRT Polda Semanggi.
3. JPO depan Kementerian Pariwisata.
4. Jembatan penyeberangan MRT dekat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.
5. Flyover Jalan Layang Non Tol Sudirman ke Thamrin.
6. Flyover Jalan Layang Non Tol Thamrin ke Sudirman.
7. Simpang bundaran Patung Kuda.
8. Simpang TL Sarinah Bawaslu.
9. Simpang TL Sarinah Starbucks.
10. JPO Plaza Gajah Mada. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This