Begini Cara Mengemudi yang Aman di Malam Hari

Begini Cara Mengemudi yang Aman di Malam Hari
Ilustrasi, mengemudi mobil di malam hari - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Mengemudi di malam hari bisa jadi salah satu situasi yang tidak bisa dihindari, terlebih bagi para pekerja kantoran yang mencari nafkah di kota-kota besar. Aktivitas tersebut juga familiar di kalangan para driver taksi konvensional maupun online, dengan sebutan ‘ngalong’ yang menggambarkan upaya mencari nafkah di malam hari.

Apapun alasannya, yang perlu diingat adalah mengemudi malam hari memiliki risiko yang lebih tinggi dibanding berkendara pada siang hari. Penelitian Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat/National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menunjukkan bahwa potensi kecelakaan fatal terjadi tiga kali lebih besar saat berkendara pada malam hari jika dibandingkan siang hari.

Meski begitu, bukan berarti risiko ini tidak bisa diantisipasi. Bagaimana caranya? Berikut tips aman mengemudi pada malam hari yang bisa diterapkan, sebagaimana dikutip dari Car and Driver.

1. Jangan Tatap Lampu Kendaraan dari Arah Berlawanan
Mobil-mobil terbaru yang beredar saat ini rata-rata sudah dibekali dengan lampu depan high-intensity discharge (HID) dan light-emitting diode (LED). Keberadaan lampu jenis ini pada mobil jelas memberikan estetika tersendiri, dan tentunya memberikan pencahayaan yang lebih baik.

Gunakan lampu yang terang tetapi tidak menyilaukan pengguna kendaraan dari arah berlawanan dan nyalakan kampu kabut – dok.Shutterstock.com

Namun, cahaya yang dihasilkan oleh lampu jenis ini sangat tidak nyaman bagi pengendara dari arah yang berlawanan. Pancaran sinar dari lampu HID dan LED bisa saja membuat pengendara dari arah berlawanan refleks membuang pandangan. Kondisi ini tentu berakibat fatal dan memicu terjadinya kecelakaan.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, hindari menatap langsung ke arah lampu kendaraan dari arah yang berlawanan. Sekiranya hal itu tidak bisa dihindari, perlambatlah laju kendaraan dengan tetap mempertahankan posisi aman di jalur Anda. Dengan begitu, fokus Anda tidak akan terganggu akibat cahaya lampu yang datang dari depan.

2. Bersihkan Kaca dan Lampu Depan
Sebelum mengemudi, perhatikan kebersihan kaca mobil bagian depan Anda. Kondisi kaca depan yang kotor dapat mempengaruhi pandangan selama berkendara, terlebih pada malam hari.

Kotoran pada kaca depan bisa menciptakan distorsi visual yang bisa saja menghalangi jarak pandang Anda. Karena itu, jaga kebersihan kaca mobil, terutama bagian depan. Bila perlu, bersihkan tiap kali akan melakukan perjalanan.

Hal yang sama juga perlu dilakukan terhadap lampu depan. Kotoran yang menempel pada lampu dapat mempengaruhi kualitas cahaya yang dipancarkan, dan akan berimbas pada bagaimana Anda memperhatikan kondisi jalanan.

Pastikan kaca depan mobil bersih agar tak menggangu pandangan – dok.Acuity.com

3. Nyalakan Lampu Kabut
Seperti namanya, lampu ini sangat membantu ketika Anda mengemudi dan melewati medan yang berkabut. Cahaya yang dipancarkan oleh lampu kabut atau fog lamp bakal mampu menembus kabut sehingga pandangan Anda bisa lebih jelas.

Nyalakan lampu ini saat Anda berkendara pada malam hari. Meski kondisi jalanan tidak berkabut, fog lamp akan menghasilkan pancaran cahaya yang meluas sehingga jalan yang akan Anda lewati tampak lebih jelas dari balik kemudi.

Penerangan di Kabin
Saat ini, banyak mobil keluaran baru yang dilengkapi dengan layar infotainment di kabin. Tidak hanya berukuran lumayan besar, layar ini pun memancarkan cahaya yang cukup terang. Cahaya dari layar infotainment ini hanya salah satu sumber penerangan dari dalam kabin.

Pastikan penerangan di kabin dan cahaya dari perangkat hiburan tak menyilaukan saat mengemudi di malam hari – dok.Twitter

Kondisi kabin mobil dengan cahaya berlebih bisa membuat pengendara kesulitan saat melihat jalan yang lebih gelap pada malam hari. Karena itu, bijaklah menggunakan cahaya di kabin saat berkendara pada malam hari.

Pencahayaan yang rendah di dalam kabin membuat pengemudi tetap dapat melihat jalan dengan jelas. (Gen)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This