Berbeda dengan Indonesia, Perempuan di Inggris Lebih Mahir Mengemudi

Berbeda dengan Indonesia, Perempuan di Inggris Lebih Mahir Mengemudi
Ilustrasi, menyetir mobil - dok.Family Education

London, Motoris – Studi di Inggris terhadap kemampuan warganya dalam mengemudi ternyata cukup mengejutkan. Hasil studi itu menemukan bahwa perempuan lebih baik dalam urusan keamanan mengendarai kendaraan dibandingkan laki-laki.

Padahal jika dibandingkan dengan data Korps Lalu Lintas Mabes Polri tahun 2017, justru pengemudi perempuan di Indonesia lebih mendominasi angka kecelakaan dibandingkan laki-laki yakni dengan komposisi 5 kecelakaan melibatkan pengemudi perempuan dan 2 kecelakaan dialami pengemudi laki-laki. Data Queenrides lebih menyeramkan, angka kecelakaan yang melibatkan perempuan dalam dua tahun terakhir meningkat 49,5%.

Kondisi ini sangat jauh berbeda dengan hasil studi yang dikutip dari The Sun, pada kasus kecelakaan lalu lintas yang dialami pengemudi perempuan jumlahnya empat kali lebih kecil kemungkinannya yang sampai ke tingkat pengadilan dan setengahnya itu cenderung mengajukan klaim asuransi.

Kemudian, laki-laki lima kali lebih mungkin mengendarai mobil dalam kondisi terpengaruh alkohol alias mabuk dibanding perempuan, dan tiga kali lebih mungkin mengemudi tanpa asuransi.

Sementara itu, dua pertiga dari klaim asuransi itu diajukan oleh lelaki dengan 17% mengakui kesalahannya. Sedangkan perempuan yang mengaku bersalah dalam mengemudi angkanya hanya 8%.

Baca juga: Banyak Supir Wanita, Uber Bikin Fitur Khusus di Arab

Ilustrasi, wanita mengemudi – dok.All4Woman

Data statistik dari Confused.com menunjukkan rata-rata klaim asuransi laki-laki lebih besar dari perempuan, yakni 5.577 poundsterling untuk laki-laki sedangkan perempuan hanya 5.159 poundsterling.

Dalam sebuah survei, 20% laki-laki mengaku menerobos lampu merah atau 5% lebih banyak daripada driver perempuan. Akan tetapi, perempuan lebih cenderung makan sambil mengemudi dan 14% mengendarai tanpa alas kaki alias nyeker.

Berdasaran data tersebut menunjukkan bawah perempuan adalah pengemudi yang lebih aman, dibandingkan dengan laki-laki yang mengeluarkan biaya asuransi lebih tinggi per tahunnya. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This