Lima Benda Wajib Punya Biar Mobil Selalu Kinclong

Lima Benda Wajib Punya Biar Mobil Selalu Kinclong
Ilustrasi, perawatan mobil- dok. coversuper.com

Jakarta, Motoris – Menjaga kebersihan interior dan eksterior mobil merupakan sebuah keharusan. Sebab, kabin mobil yang bersih tentu saja memberikan kenyamanan tersendiri untuk penumpang.

Permasalahannya, menjaga kondisi mobil untuk tetap dalam keadaan bersih itu kadang dirasa sangat sulit. Kesibukan tidak jarang menjadi salah satu faktor yang membuat pemilik kendaraan tak acuh terhadap hal tersebut. Sementara, selalu mengandalkan orang lain atau jasa cuci mobil setiap hari pun dirasa mahal.

Beruntungnya, agar terselamatkan dari kondisi tersebut, ada benda-benda yang dapat membuat hidup lebih mudah dalam hal menjaga kebersihan bagian dalam mobil. Dikutip dari Hotcars, beberapa benda berikut ini diyakini dapat menjaga kabin mobil tetap bersih.

Penasaran? Yuk, intip produk-produknya dari ulasan berikut!

1. Vacuum Cleaner Portable
Vacuum cleaner merupakan salah satu produk yang bisa diandalkan untuk menjaga kabin mobil tetap bersih. Yang namanya “hidup” di jalanan, jelas membuat mobil lebih rentan dalam mengumpulkan debu.

Membersihkan bagian dalam mobil dengan vacuum cleaner secara rutin tentu dapat mengangkat debu-debu yang menempel di kabin mobil. Perangkat penyedot debu yang satu ini bisa dibawa pergi ke mana pun karena tersedia dalam ukuran yang kecil, sehingga tidak memenuhi ruang bagasi.

Baca juga: Cuci Mobil “Touchless” Diklaim Lebih Aman dan Bersih

Vacuum cleaner portable – dok.Banggood

2. Tempat Sampah
Tidak jarang ada penumpang mobil yang menyimpan sampahnya baik di door pocket, kantong belakang jok depan, maupun di lantai mobil. Sampah itu pun beragam, seperti bungkus camilan, botol minuman, atau struk belanjaan. Jika sampah ini dibiarkan, lama-kelamaan tentu akan membuat mobil kotor dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Kalau tidak ingin hal itu terjadi pada mobil kesayangan, tidak ada salahnya menyediakan tempat sampah di dalam mobil. Saat ini sudah banyak tersedia tempat sampah khusus mobil di pasaran, tinggal pilih sesuai dengan keinginan. Keberadaan perangkat ini tentu membuat penumpang enggan untuk membuang sambah di sembarang tempat di kabin mobil.

3. Backseat Organizer
Produk yang satu ini mungkin tidak memberikan efek langsung dan secara penuh terhadap kebersihan bagian dalam mobil. Akan tetapi, backseat organizer menawarkan ruang-ruang penyimpanan untuk berbagai hal sehingga mobil menjadi lebih rapi.

Baca juga: Cara Cepat Bikin Bau Apek di Mobil Minggat

Backseat Organizer – dok.Youbeli

Dipasang di bagian belakang jok depan, ruang-ruang di backseat organizer bisa dimanfaatkan untuk menyimpan makanan, minuman, buku, koran, bahkan gadget. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan untuk membuat door pocket atau lantai mobil berantakan oleh camilan yang dimakan selama perjalanan.

4. Air Purifier Mobil
Kecenderungan mobil dalam mengumpulkan kotoran atau debu yang relatif cepat bisa membuat udara di dalamnya menjadi kurang bersih. Kondisi ini kalau dibiarkan terus-menerus tentu akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Membersihkan bagian dalam mobil secara rutin kadang dirasa belum cukup untuk menghasilkan udara yang bersih di kabin mobil.

Solusinya? Agar kualitas udara tetap bersih, lengkapi aksesori interior mobil dengan air purifier atau pembersih udara. Ada beragam produk ini di pasaran. Jika ingin yang praktis, bisa membeli air purifier yang tinggal dicolokkan ke lighter. Dengan produk ini, udara yang dihirup di dalam mobil pun jadi baik untuk kesehatan.

Baca juga: Cara Cegah Cat Mobil Kusam Karena Sengatan Matahari

Air Purifier mobil kompak – dok.Gadget Flow

5. Karpet Lantai
Lantai bisa jadi salah satu bagian di dalam mobil yang mudah kotor. Bagaimana tidak, bermacam hal atau kotoran yang menempel pada alas kaki pada akhirnya akan terbawa ke dalam mobil dan berpindah ke lantai mobil, terlebih kala musim hujan.

Jika dibiarkan, lama-kelamaan lantai mobil tentu akan kotor dan berkarat. Tidak hanya menyebabkan bau tak sedap, kotoran yang menumpuk itu juga bisa menyebabkan lantai menjadi lapuk dan rusak.

Kalau tidak ingin hal itu terjadi, ada baiknya melapisi lantai mobil dengan karpet. Selain menjaga lantai mobil, karpet dapat menampung kotoran yang dihasilkan atau terbawa dari luar. Cara membersihkan produk ini pun tidak sulit. Dengan begitu, bagian dalam mobil tetap terjaga kebersihannya. (Gen)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This