Motor Tiga Presiden RI Sempat Nongkrong di IIMS Motobike Expo 2019

Motor Tiga Presiden RI Sempat Nongkrong di IIMS Motobike Expo 2019
Motor custom Kawasaki W175 milik Presiden Jokowi yang dikerjakan Katros Garage - dok.Okezone.com

Jakarta, Motoris – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 baru saja rampung digelar. Gelaran yang dilangsungkan akhir pekan lalu, tepatnya 29 November- 1 Desember 2019 itu, diikuti oleh banyak merek motor kenamaan yang sudah malang melintang di dunia otomotif dunia.

Sebut saja BMW, Honda, Yamaha, Kawasaki, Lambretta dan Piaggio yang terlihat nongkrong di acara tersebut.

Dengan mengunjungi IIMS, para bikers bisa memuaskan hasrat keingintahuannya tentang dunia otomotif, khususnya motor. Kalau kamu tidak sempat datang ke sana, tenang, tahun depan, tepatnya Juli 2020, kamu bisa datang ke IIMS Motobike Expo berikutnya.

Namun sedikit informasi saja, pada saat IIMS Motobike Expo 2019 dipajang juga motor Presiden Indonesia. Di sana kamu bisa melihat dan juga mengenal bagaimana bentukan motor milik tiga presiden RI 1 sekaligus

Adalah motor custom berwarna hijau milik Presiden Joko Widodo. Menggunakan bahan Kawasaki W175. Motor bergaya klasik tersebut di modifikasi oleh Katros Garage. Kapasitas mesin yang dibenamkan dalam motor ini tidak ditingkatkan, alias tetap di kapasitas 175 cc.

Butuh waktu sekitar 3 minggu untuk menyulap dan merubah bentukan W175 menjadi seperti yang diinginkan oleh Jokowi. Di bagian samping tangki bensin, tertulis “Katros Garage Speiallu Built For Your Excellentcy Mr, Jokowi, The 7th President of Indonesia.”

Baca juga: Pesan Jokowi, Ada Esemka Kabangetan Kalau Beli Produk Impor

Presiden Jokowi berniat membuka pameran IIMS 2018, 19 April mendatang, di mana juga memamerkan motor Chopper-nya – dok.Istimewa/Elders

Jika dilihat dengan baik, tidak ada sama sekali bentuk asli dari Kawasaki W175 dalam motor custom tersebut. Hampir semua part-nya dibuat sendiri, mulai dari spakbor depan dan belakang, side body hingga tanki bensin.

Motor ini menggunakan ban Shinko berukuran 5.00 – 16M/C 69S. Sebelumnya Jokowi sudah memiliki motor custom juga berwarna emas. Namun bahannya menggunakan Royal Enfield Bullet 350 yang didatangkan langsung dari India.

Motor berjenis Chopper itu merupakan karya anak bangsa yang memiliki kapasitas 346 cc. Pembuatnya Elders Garage yang bekerja sama dengan Kick Ass Chopper.

Selain motor milik Presiden Joko Widodo, sepeda motor milik 2 Presiden sebelumnya juga pernah dipajang dalam IIMS 2019 pada bulan April lalu. Adalah motor milik Presiden Soeharto, Suzuki VS 400 Intruder dan Harley Davidson Road Glide Screaming Eagle milik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ketiga Presiden kita ini memang terkenal akan aksinya di jalan melalui sepeda motor. Jiwa muda tampaknya masih membara didalam tubuh para pemimpin bangsa.

Baca juga: Replika Motor Kustom Jokowi Segera Dibangun

Jokowi bersama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Istana Bogor dengan motor Chopper milik Jokowi – Dok. DPP Golkar)

Jangan Lupa IIMS Motobike Juli 2020
Tingginya animo masyarakat pada gelaran IIMS Motobike 2019, membuat PT Dyandra Promosindo selaku promotor acara sudah menyiapkan gelaran berikutnya pada Juli 2020. Presiden Direktur Dyandra Promosindo dan juga Project Director IIMS Motobike Expo Hendra Noor Saleh mengatakan IIMS Motobike 2020 akan digelar 3 bulan sesudah IIMS 2020.

“Acara terselenggara dengan baik dan tanggapan dari pengunjung juga positif,” katanya di Jakarta.

Terkait tempat, dirinya belum bisa memberikan detil, apakah akan digelar di Istora Senayan kembali atau tempat lainnya.

Baca juga: Menperin Optimistis, Indonesia Bisa Rakit Sepeda Motor Listrik

Ilustrasi, Banner IIMS Motobike 2019 – dok.Kompas.com

Tingginya antusiasme masyarakat terlihat dari jumlah kunjungan ke IIMS Motobike 2019 yang dalam waktu 3 hari mencapai 30.800 orang. Adapun total penjualan ukses menembus angka Rp1,6 miliar dengan jumlah unit 133 unit motor terjual. (Gen)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This