Ketahui Batas Aman Mobil Bisa Terabas Banjir

Ketahui Batas Aman Mobil Bisa Terabas Banjir
Ilustrasi, mobil menerobos banjir - dok.Risk Frontiers

Jakarta, Motoris – Anda pemilik mobil, harus ekstra hati-hati ketika musim hujan seperti sekarang ini. Banyak ruas jalan yang tergenang air dan bisa merugikan karena bisa merusak banyak komponen.

Apabila harus tetap melintas dan melibas banjir, maka paling utama Anda harus tahu dulu batas aman mobil ketika menerabas banjir. Jangan sampai salah perhitungan, karena efeknya cukup fatal.

Contoh, mobil menjadi rusak dan biaya penggantian komponennya amat sangat mahal. Oleh sebab itu, menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, jika air sudah masuk ruang mesin, komponen rusak itu sudah pasti ke perangkat kelistrikan, bahkan dapat merusak Electric Control Unit (ECU).

Paling fatal, air bisa masuk ke ruang bakar melalui saringan udara dan menyebabkan mesin rusak berat (water hammer). Paling mendasar, kata Suparman batas amannya, yaitu sampai kedalaman banjir mencapai setengah ban.

Baca juga: Tips Menghindari Kejeblos Beli Mobkas Terendam Banjir

Ilustrasi, menerobos banjir – dok.Auto Trasport 123

“Sebaiknya jangan lebih dari setengah ban,” tutur Suparman di Jakarta beberapa waktu lalu.

Apabila berhasil keluar dari genangan banjir maka tugas pengemudi selanjutnya, yaitu lakukan pengereman dengan cara sambil berjalan dan menginjak pedal rem perlahan.

“Fungsinya untuk menormalkan fungsi rem. Air yang menempel bisa hilang dan setelah dilakukan cara itu rem kembali normal. Lakukan sampai fungsi rem sudah normal,” ungkap Suparman. (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This