Susul GR Supra, Toyota GR Yaris Segera Hentak Dunia
Toyota GR Yaris saat dites - dok.Carscoops

Susul GR Supra, Toyota GR Yaris Segera Hentak Dunia

Tokyo, Motoris – Menyusul sejumlah model yang dibuat dalam versi Gazoo Racing (GR), Toyota Motor Corporation (Toyota) juga bakal menyuguhkan hatchback Toyota Yaris dalam versi itu. Recananya, Toyota GR Yaris itu bakal diperkenalkan ke dunia melalui hajatan Toyota Auto Salon 2020.

Seperti dilansir dalam situs resmi Toyotagazooracing dan laman Cardaily, belum lama ini, hajatn tersebut akan digelar di Makuhari Messe, Jepang pada 10-12 Januari 2020 nanti. “Peluncuran Toyota GR Yaris ini akan menjadi model kedua Toyota yang diluncurkan secara global setelah Toyota GR Supra,” bunyi keterangan Toyota.

Raksasa otomotif dunia itu mengatakan, mengusung DNA World Rally Championship (WRC). Toyota Gazoo Racing (TGR) – yang merupakan divisi balap Toyota dan kerap ikut bersaing di sejumlah balapan – mengumumkan kedatangan mobil sport baru itu sebagai sebuah mobil yang menggabungkan sederet keunggulan.

Tampilan depan Toyota GR Yaris – dok.Motor1

Keunggulan itu antara lain dalam hal teknologi, pengetahuan, dan pengalaman yang dipelajari dari WRC selama ini.
Untuk membuktikan keandalan mobil ini, tak kurang dari Presiden Toyota – Akio Toyoda – dengan kode nama TGR Master Driver “Morizo” menjajal mobil itu. Cucu pendiri Toyota Motor Corporation itu disebut telah menggeber Toyota GR Yaris hingga mentok batas atas kecepatan yang bisa dicapai.

Laman Motor1, belum lama ini melaporkan, sebelum world premiere di Tokyo Auto Salon 2020 nanti, ternyata Toyota GR Yaris telah dijajal sejumlah pereli kondang. Hal itu terkuak dalam tayangan video Festival Balap Toyota Gazoo Racing Jepang 2019 pada 15 Desember kemarin.

Mobil disamarkan dalam warna khas TGR merah-hitam-putih, “Sejumlah driver kondang di WRC terlihat di belakang kemudi menggebernya. Diantaranya, pereli Ott Tanak, Kris Meeke, dan Jari-Matti Latavala. Bahkan Kepala Tim Toyota WRC Tommi Makinen, semua bisa mengendarai GR Yaris,” tulis laman itu.

Teaser Toyota GR Yaris – dok.Toyoragazooracing

Sementara, meski belum dikonfrmasi oleh Toyota, namun mobil ini diduga kuat menganut sistem penggerak all wheel drive. Soal spesifikasi, hingga kini Toyota masih belum bersedia berbagi informasi. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )