Biasakan Lap Mobil Pakai Microfiber, Jangan Pakai Kanebo

Biasakan Lap Mobil Pakai Microfiber, Jangan Pakai Kanebo
Ilustrasi, mengelap mobil dengan menggunakan kain microfiber - dok.Carwash

Jakarta, Motoris – Rata-rata pemilik mobil punya lap jenis Chamois atau lebih dikenal dengan sebutan Kanebo, untuk membersihkan atau mengeringkan bodi mobil dari air. Biasanya dilakukan setelah dicuci atau seperti musim hujan seperti sekarang ini, karena air yang menempel langsung menjadi kering.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada efek negatif apabila sering menggunakan lap jenis itu. Meski tidak terlihat secara kasat mata, rupanya bisa menyebabkan munculnya baret halus pada permukaan bodi mobil.

Apalagi, musim hujan seperti sekarang ini apabila ingin dikeringkan tanpa di bilas dengan air bersih lagi, potensi kotoran atau pasir-pasir kecil menempel di bodi mobil semakin besar.

Kemudian di lap menggunakan kanebo atau kain jenis chamois. Otomatis timbul baret halus, yang tentunya akan merusak estetika tampilan mobil.

Ilustrasi, mengelap kaca mobil dengan kain microfiber – dok.Thinkstock

Oleh sebab itu, Andi Setiawan yang juga Presiden Direktur PT Global Auto International sebagai distributor System X Ceramic Protection menyarankan, pemilik mobil mulai menghindari menggunakan lap chamois dan menggantinya dengan lap microfiber.

“Microfiber lebih halus dari kanebo, dan tentunya tidak akan memberikan efek baret halus pada permukaan bodi mobil,” tutur Andi di kawasan Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (7/1/2020).

Sekarang ini, kata Andi, lap Microfiber sudah banyak dijual di toko aksesoris mobil sehingga mudah didapatkan oleh pemilik mobil. Simpan beberapa lap jenis itu, untuk digunakan membersihkan bagian kaca mobil dan bodi.

“Tetap jangan disatukan, dipisah antara lap untuk kaca dan bodi. Meminimalisir munculnya baret halus saja pada kaca atau bodi mobil,” imbuh Andi.(Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This