Ini Alasan Coating Mobil Itu Penting

Ini Alasan Coating Mobil Itu Penting
Proses coating eksterior mobil di workshop milik PT Global Auto International - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Hujan yang kian intensif mengguyur Indonesia dan sempat menimbulkan banjir besar di sejumlah wilayah di kawasan Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) beberapa waktu lalu telah menimbulkan beberapa dampak merugikan. Termasuk pada kendaraan bermotor roda empat (mobil) maupun roda dua yang terendam banjir.

Bahkan mobil yang sering terkena hujan – terlebih terendam banjir – mengalami penurunan kualitas tampilan. Mulai dari cat yang belang, hingga kusam karena jamur maupun kotaminasi zat-zat yang tercampur di air banjir atau genangan air hujan.

Menurut Brand Manager System X Ceramic Protection PT Global Auto International (GAI), Arta Alfatha, banyak sekali zat-zat bersifat destruktif terhadap struktur komponen cat mobil. Bahkan, jika masuk ke dalam kabin, beberapa material di kabin yang tidak dilapisi cat sangat rentan sekali terkena dampak buruk air banjir.

“Karena air hujan itu, sudah besifat asam. Lalu, bercampur lagi dengan berbagai kotoran maupun limbah dari pabrik, jalanan, rumah tangga. Apalagi di kawasan Jabodetabek yang notabene, lingkungannya juga padat dan beragam sehingga berbagai zat-zat limbah tersebar di berbagai penjru dengan jumlah yang banyak pula,” ungkap Arta saat ditemui usai acara soft opening training center GAI, di Cakung, Jakarta Utara, Selasa (7/1/2020).

Ilustrasi, mobil MINI Countryman yang menggunakan kaca film ICE-µ dan coating System X Ceramic Protection – dok.Motoris

Namun, berbagai potensi kerusakan pada cat eksterior dan bagian interior mobil akibat rendaman air banjir atau hujan tersebut bisa dihindari atau paling tiak diminimalkan jika bagian-bagian tersebut telah dilindungi lapisan khusus atau di-coating.

“Karena, coating itu pelindung. Sehingga, fungsinya seperti lapisan di daunt alas. Kalau ada air atau zat cair lainnya, maupun debut, tidak akan menempul atau melekat di cat. Melainkan hanya ada di permukaan saja, sehingga tidak akan merusak struktur komponen cat atau jamuran,” terang Arta.

Pernyataan senada diungkap Presiden Direktur PT GAI, Andi Setiawan. Terlebih, kata Andi, produk coating System X Ceramic yang dipasarkan perusahaannya, memiliki fungsi perlindungan tidak sebatas serangan jamur atau zat kimia, tetapi cuaca ekstrim yang sangat dingin atau sangat panas.

Dia menyebut, System X telah melakukan uji produknya di berbagai negara atau wilayah di dunia dengan kondisi beragam. Mulai dari suhu yang sangat tinggi di Timur Tengah, atau suhu terdingin di kutub Utara, kondisi lembag dengan kandungan garam dan asam yang tinggi.

“Jadi, dengan peristiwa banjir dengan segala dampak yang menyertai, memberikan pelajaran ke kita bahwa coating untuk mobil baik bagian eksterior maupun interior itu penting. Karena, ini bisa melindungi aset kita. Bukan sekadar memberikan tampilan bagus, tetapi ternyata juga mencegah risiko akibat dampak seperti hujan atau banjir,” kata dia di tempat yang sama.

Seorang installer di Training Center PT GAI – dok.Motoris

Sedangkan menurut Arta, untuk mobil yang telah di-coating perawatannya cukup enam bulan sekali untuk memeriksa coating eksterior, interior, hingga mesin. Tujuannya agar perlindungan coating tetap maksimal. Biayanya sekitar Rp 500.000 – 1.000.000.

“Mobil yang sudah di-coating lebih tahan dari jamur, goresan, dan cuaca ekstrem,” ucap dia.

Namun, tegas Arta, fungsi coating tak hanya penting di saat hujan atau banjir saja. Tetapi juga di saat musim kering.

Paparan sinar ultra violet yang tinggi, serta hembusan debu yang terbawa angin – yang berisi berbagai jenis partikel maupun zat bersifat destruktif – berbagai dampak negatifnya bisa dicegah. Jika pemilik mobil melakukan coating  kendaraan mereka. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This