Suzuki Restorasi Motor Milik Legenda Kevin Schwantz

Suzuki Restorasi Motor Milik Legenda Kevin Schwantz

Brimingham, Motoris – Team Classic Suzuki punya proyek besar tahun ini, menyangkut pembalap legenda hidup MotoGP, Kevin Schwantz. Motor legenda Suzuki RGV500 berlivery Pepsi edisi 1989 tunggangan Schwantz akan direstorasi penuh, sehingga terlihat seperti baru, baik dari jeroan sampai luaran.

Hasil restorasi ini akan dipajang pada ajang pameran sepeda motor Motorcycle Live Show di NEC, Birmingham, Inggris, 18-26 November 2017. Proses restorasi akan dikepalai oleh Nathan Colombi, Kepala Mekanik Team Classc Suzuki didukung dengan program penjualan kembali komponen vintage dari Suzuki.

Mengapa motor Suzuki RGV500 yang dipilih?

Memang selalu bisa diperdebatkan, tetapi 1989 dianggap tahun terbaik bagi Schwantz dalam karir balap bermotor. Hanya cidera yang menghentikan langkahnya menjadi juara dunia tahun itu. Padahal, sejak awal musim, pebalap asal Inggris ini selalu finis pertama atau kedua dalam sembilan seri pertama. Enam kemenangan dan tiga kali runner-up.

Schwantz akhirnya mengangkat gelar juara dunia untuk Suzuki pada 1993 dan dijadikan legenda Gran Prix pada 2000.

Baca juga: Mainan Baru, buat Loyalis SuperCub

Kordinator Purna Jual Suzuki Inggris Tim Davies menatakan, Kevin Schwantz memang legenda di antara pebalap motor asal Inggris dan bagi Suzuki sama saja. Motor tungganan RGV500 1989 merupakan salah satu ikon yang patut direstorasi.

“Kami sudah banyak merestorasi sepeda motor lawas di Motorcycle Live dalam beberapa tahun, tapi baru pertama kalinya mengerjakan motor legenda balap seperti ini. Tentu ini tantangan dan sesuatu yang berbeda buat pengunjung pameran, sekaligus menunjukan seberapa banyak komponen orisinal Suzuki yang bisa dipesan lewat program Vintage Parts,” kata Davis, dalam keterangan resminya.

Jadi, Suzuki Inggris sudah menggelar program komponen lawas orisinal Suzuki sejak 2013. Program ini memungkinkan para pecinta Suzuki untuk mencari komponen motor-motor lawas yang sudah tidak diproduksi lagi. Hebatnya lagi, meski lawas, komponen ini baru dan berstatus orisinal, sehingga pasti kompatibel dengan motor-motor lawas.

Sebelumnya, beberapa motor lawas, seeperti TL1000S, GSX-R750F, termasuk Tim Suzuki Katana Endurace Classic. Pada pameran tahun ini, Suzuki juga bakal memboyong motor Michael Dunlop’s Isle of Man TT-winning GSX-R1000 dan menjual beberapa apparel khusus.

Jadi kalau kolego Motoris lagi ada di Inggris, tak ada salahnya mampir, cari-cari komponen motor lawas Suzuki. Siapa tahu ada miliarder di Indonesia yang lagi cari, bisa untung banyak! (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This