Aston Martin Vantage Baru, Sasar Anak Muda Tajir

Aston Martin Vantage Baru, Sasar Anak Muda Tajir

Gaydon, Motoris – Aston Martin membidik segmen anak muda tajir di dunia, dengan meluncurkan generasi terbaru Vantage di Gaydon, Inggris, Senin (20/11/2017). Sedan sport ini kini terlihat lebih kompak, makin kental dengan citarasa roadster dua pintu.

Maklum, Vantage didapuk sebagai model terlaris merek premium asal Inggris ini,dengan target 3.500 unit setahun. “Mobil terbaik yang saya pernah terlibat di dalamnya sepanjang 38 tahun karir di industri otomotif,” kata Andy Palmer, CEO Aston Martin, terkait peluncuran, dilansir Reuters.

Tampilan Vantage baru ini terlihat lebih galak, dengan desain hidung hiu yang lancip. Pilihan warna baru, Lime Essence, cocok buat generasi muda kaya raya yang mau tampil beda. Di pasar, Vantage bakal menatang rival sekelas, seperti Porshce 911. Vantage baru punya bodi dengan panjang 4,46 meter, lebih pendek 0,28 dari DB11. Selain itu juga lebih kompak sedikit, 33 mm dari Porsche 911.

Palmer menjelaskan, selama ini konsumen utama Vantage adalah mereka dari usia 50 ke atas. Lewat desain baru ini, Aston Martin berharap bisa meraup segmen 40 tahun ke bawah. “Kami menargetkan pelanggan lebih muda, karena melihat mereka mulai masuk ke merek, terutama di beberapa lokasi, seperti China,” ucap Palmer.

Baca juga: Icona Volcano, Hypercar Titanium Pertama di Dunia

Interior Aston Martin Vantage. (Mike Dodd / Beadyeye.tv for The Verge)

Mesin
Vantage baru menawarkan tenaga 510 hp, yang keluar dari mesin 4.0 L, twin turbo, V8, yang juga digunakan pada DB11 V-8 . Komponen utama ini dipasok langsung dari divisi sport, AMG milik Daimler. Dipadu dengan transmisi 6-percepatan otomatis, menciptakan klaim akselerasi 0-100 kpj, butuh 3,5 detik, dan mencapai kecepatan maksimum 313,8 kpj.

Aston Martin membangun Vantage baru dengan sasis aluminium, mirip yang digunakan DB11. Meskipun, klaim perusahaan 70% komponen yang digunakan benar-benar berbeda. Mesin di depan, dengan sistem penggerak belakang.

Aston Martin mulai memasarkan Vantage baru, kuartal kedua 2018, dengan banderol US$150.000 atau Rp 2,027 miliar. Banderol ini lebih mahal 22% di banding model sebelumnya. Generasi pertama Vantage meluncur 2005, ketika Ford Motor masih berstatus pemilik dari Aston Martin.

Vantage baru, merupakan produk kedua dari tujuh model baru atau redesigned yang sudah dijanjikan perusahaan, pasca-krisis. Model pertama ada DB11, kemudian Vantage, ketiga tengah disiapkan Vanquish yang rencananya meluncur 2018. Kemudian, masih ada sport utility vehicle (SUV) DBX di 2019, serta mobil sport bermesin tengah pada 2020. Sisa dua lainnya, merupakan sedan ultra mewah, menargetkan segmen yang sama seperti Bentley dan Rolls-Royce, pada tahun berikutnya. (sna)

Punya desain lebih sporty makin kental karakter roadster. (Mike Dodd / Beadyeye.tv for The Verge)

CATEGORIES
TAGS
Share This