Patah Tulang Lengan Kanan, Marquez Terancam Absen di Seri Andalusia

Patah Tulang Lengan Kanan, Marquez Terancam Absen di Seri Andalusia
Marc Marquez - dok.Ultimatemotorcycling

Madrid, Motoris – Pembalap MotoGP Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami patah tulang lengan dalam kecelakaan tragis yang terkadi penutupan MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) kemarin. Marc yang kini akan menjalani operasi itu disebut juga terancam tak bisa mengikuti laga seri balap MotoGP Andalusia 2020 yang digelar Minggu (26/7/2020) depan di lokasi yang sama, sirkuit Jerez.

Seperti dilaporkan laman AutoSport dan Daily Mail, Minggu (19/7/2020) pembalap asal Spanyol berusia 27 tahun itu mengalami kecelakaan saat berjuang memperebutkan posisi kedua di saat balapan tersisa lima lap. Marc yang ingin menyalip pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan mengejar pembalap tim PetronasYamaha Fabio Quartaro, itu kehilangan kendali atas tunggangannya ketika melibas ketiga menuju tikungan keempat.

Dia kehilangan kendali sehingga mengalami highside crash. Marquez terpelanting ke atas dan berguling hingga ke area gravel.
Sesaat kemudian, Marc terlihat duduk dengan lesu. Dia terlihat masih kuat berjalan menuju ke arah tim marshal yang akan memberinya pertolongan.

Namun, dia harus diangkut ambulan dengan penyangga leher (neck brace). Terlihat, dia menahan kesakitan pada lengannya bagian kanan.”Kecelakaan yang dia alami cukup parah, dengan trauma di dada hingga bagian kanannya,” ujar dokter tim MotoGP, Angel Charte.

Ilustrasi, Marc Marquez di MotoGP- dok.Francesport

Repsol Honda juga mengonfirmasi bahwa tulang humerus (lengan atas) kanan Marquez patah akibat kecelakaan tersebut. Sedangkan Marquez melaui twitter-nya mengatakan saat ini dirinya tetap berusaha untuk tetap sesuai jadwal.

“Kadang kala sesuatu terjadi tidak sesuai dengan perkiraan, tetapi yang paling penting saat ini adalah bangkit dan kembali berjalan,” cuitnya di akun media sosialnya tersebut.

“Semoga Anda semua menikmati kembalinya (MotoGP). Sekarang saya akan menjalani operasi untuk memulihkan cedera humerus di lengan kanan saya,” kata dia.

Sementara, seperti dilaporkan laman Visordown, Senin (20/7/2020), Tim Repsol Honda menyatakan pada Senin (20/7/2020) ini Marc Marquez dipindahkan ke Rumah Sakit Universitari Dexeus di Barcelona. Dia akan dioperas oleh dokter Xavier Mir bersama timnya.

Hanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk operasi itu dan kapan sang juara dunia MotoGp delapan kali itu pulih, hingga kini belum bisa dipastikan. Namun, jika melihat pengalaman operasi Marquez November 2019, ada kemungkinan juara dunia delapan kali ini bakal pulih tiga atau empat bulan lagi.

Akhir pekan depan, 27-29 Juli, balapan berlanjut ke MotoGP Andalusia 2020 yang juga akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol. Marquez disebut kemungkinan besar absen di laga tersebut.(Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This