Musim Hujan Tiba, Ini Jas Hujan yang Aman dan Layak Jadi Pilihan

Musim Hujan Tiba, Ini Jas Hujan yang Aman dan Layak Jadi Pilihan
Berkendara sepeda motor saat hujan sebaiknya menggunakan mantel berwarna terang - dok,MotorSport.com

Jakarta, Motoris – Berkendara sepeda motor di tengah guyuran hujan yang lebat, tak hanya membutuhkan konsentrasi tinggi pengendara dan kondisi kendaraan yang prima saja, tetapi perlengkapan yang dipakai juga menunjang keamanan. Salah satunya adalah, jas hujan.

Jas atau mantel pelindung tubuh pengendara dari guyuran air hujan itu, terbukti bukan sakadar menghindarkan diri dari basah karena air hujan, tetapi juga keamanan.

“Pada saat air hujan mengguyur, apalagi intensitasnya tinggi atau lebat, pandangan pengendara kendaraan lain baik sepeda motor maupun mobil juga terbatas karena terhalang oleh air. Oleh karena itu, agar keberadaan diri kita yang tengah berkendara di jalan terlihat jelas oleh pengguna kendaraan lain itu, maka jas hujan atau mantel harus berwarna yang mencolok atau ngejreng,” papar penggalak keselamatan berkendara di kota Tangerang, Agus Imawan, saat dihubungi, di Tangerang, Kamis (24/9/2020).

Namun, Agus mengingatkan, untuk keamanan pribadi saat berkendara sebaiknya juga tak memakai jas hujan jenis ponco. Pasalnya, jas hujan jenis ini yang ukurannya gombrang atau bahkan bagian bawahnya tak dijahit sesuai dengan bentuk bagian tubuh, bisa mengembang seperti “sayap Batman” manakala diterpa angin seiring dengan laju motor.

Jas hujan jenis ponco disarankan untuk tidak digunakan karena lebih berpotensi menimbulkan bahaya – dok.India.com

“Pada saat seperti itu, bisa saja menghalangi pandangan pengguna kendaraan lain yang berada di belakang kita. Atau dari beberapa kasus yang terjadi di tahun-tahun lalu, ujung bagian bawah jas hujan itu masuk ke jeruji roda motor, sehingga akibatnya fatal. Kecelakaan,” jelas Agus.

Oleh karena itu, jas hujan jenis setelan – yakni jas dan celana – sangat disarankan untuk dipilih. Selain membuat gerak pengendara lebih leluasa, juga untuk menghindarai kemungkinan bahaya yang mengintai.

Untuk alasan kenyamanan pula, pria yang juga instruktur safety riding ini menyarankan untuk memilih jas hujan dari bahan PVC alias polvynil chloride. Pasalnya, kerapatan pori-pori PVC lebih bagus dibanding bahan lain, sehingga lebih nyaman digunakan.

Pesepeda motor menggunakan pelindung diri seadanya saat berkendara hujan di kala hujan. Cara seperti ini sangat membahayakan diri sendiri – dok.Superbike-coach.com

“Memang, pada saat pertama digunakan terasa lebih panas. Tetapi tidak mudah ditembus air hujan, dan lebih awet karena tidak mudah robek atau ditembus air,” imbuh Agus yang kini bekerja di sebuah Rumah Sakit di Kota Tangerang ini. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This