Tips Bersepeda Motor Aman di Tengah Derasnya Hujan

Tips Bersepeda Motor Aman di Tengah Derasnya Hujan
Bersepeda motor saat hujan dibutuhkan kecermatan dan teknik yang tepat - dok.Visordown

London, Motoris – Bagi beberapa orang berkendara dengan sepeda motor tetap harus dilakukan meski hujan lebat mengguyur bumi, karena berbagai alasan mendesaknya waktu atau karena ada keperluan yang tak bisa ditunda. Tetapi, sejatinya berkendara dengan “kuda besi” itu menjadi kegiatan yang meyenangkan walau di tengah guyuran derasnya hujan, asal tahu bagaimana cara menyiasatinya.

Menurut sejumlah pakar keselamatan berkendara yang dikutip laman Motorcycle dan Cycle World belum lama ini mengatakan, kuncinya adalah mepersiapkan diri, sepeda motor, serta mencermati kondisi jalan atau lintasan yang akan dilewati.

“Mempersiapkan perlengkapan atau riding gear memang terdengar sepele, namun sebenarnya sangat penting. Pakailah mantel hujan (jas hujan) berwarna terang yang nyaman agar memberikan keleluasan gerak ketika melakukan manuver-manuver yang dibutuhkan ketika di jalan,” ungkap Motorcycle Safety Foundation Program Manager, Michael Davis.

Cermat memperhatikan lintasan dan bermanuver dengan baik menjadi kunci keselamatan berkendara motor saat hujan – dok.Motorcycle-central.com

Sementara, jika menemukan kondisi yang mengharuskan dilakukan pengereman, kata Michael, sebaiknya tidak melakukan pengereman secara mendadak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pengamatan kondisi jalan secara cermat.

Sehingga, jika harus mengerem bisa dilakukan secara perlahan atau bertahap. “Begitu pun dengan menjaga jarak dengan kendaraan lain, khususnya yang berada di depan kita merupakan langkah yang sangat dianjurkan,” kata dia.

Sedangkan saat akan berada di persimpangan, tikungan, atau perempatan, sebaiknya menurunkan laju kecepatan motor bukan dengan mengerem. Cukup dengan melepas tuas gas motor kita.

Ilustrasi, motor yang melibas genangan air saat berkendara di tengah hujan deras – dok.Motorcycle for legal Foundation

Hal itu dimaksudkan agar ketika ada kendaraan yang melints jalan dengan memotong jalan, laju motor kita tetap dalam kendali dan tidak perlu mengerem secara mendadak. “Jika berada di lampu merah, lihat kaca spion, pastikan tidak ada kendaraan lain – terutama kendaraan roda empat- yang akan menyalip kita dengan cepat.

“Ini dimaksudkan agar embusan angin ketika kendaraan itu menyalip kita, tidak mengempas kita (motor), sehingga kestabilan kita terganggu. Sebab, dalam kondisi jalanan basah dan licin, jika itu terjadi cukup membahayakan,” papar Michael.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah, sebisa mungkin menghindari genangan air. Sebab, di bawah genangan air tersebut jika jadi terdapat lubang, tutup saluran air, atau lainnya yang membahayakan kita saat kita melibasnya. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This