Gaswat, POKEMON GO Dongkrak Kecelakaan di Jalan

Gaswat, POKEMON GO Dongkrak Kecelakaan di Jalan

Indiana, Motoris – Teknologi diciptakan untuk tujuan positif, tetapi juga bisa menimbulkan kondisi yang sebaliknya. Penelitian yang dilakukan Krannert School of Management, Purdue University di Indiana, Amerika Serikat, menyimpulkan sesuatu yang menarik, terkait game online yang mendunia, Pokemon Go.

Data Lembaga Nasional Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas (NHTSA), Amerika Serikat, menunjukan pada 1988, total fatalitas lalu-lintas tercatat 42.130 jiwa, kemudian turun menjadi 29.867 jiwa pada 2011. Tren ini kemudian meningkat lagi, menjadi 37.461 jiwa pada 2016.

Dilansir Autoblog, Profesor Mara Faccio dan John J McConnell, memutuskan untuk meneliti, faktor pengaruh apa yang menyebabkan jumlah fatalitas ini meningkat. Fokus utamanya adalah, pengemudi yang terganggu konsentrasinya, salah satunya disebabkan aplikasi game onile, Pokemon Go.

Aplikasi ini sangat viral di dunia, bahkan tercatat langsung diunduh lebih dari 100 juta kali, kurang dari sebulan peluncurannya di pasar. Fenomena ini terjadi sekitar tahun lalu dan masih terjadi sampai sekarang, meski terjadi penurunan yang signifikan juga.

Data statistik kecelakaan dikumpulkan dari daerah di Tippecanoe County, Indiana, AS, periode 1 Maret 2015-30 November 2016. Fokus utamanya, mengetahui apakah besar kecelakaan benar terjadi di “PokeStop” (lokasi di mana virtual Pokemon terlihat di aplikasi).  Aplikasi Pokemon Go sendiri, baru meluncur pada 6 Juli 2016.

Baca juga: MC Cantik ini Suka yang Keras-keras

Ilustrasi pengemudi sambil main Pokemon Go, berbahaya. (www.autodeft.com)

Jadi para peneliti mencatat ada lonjakan jumlah kecelakaan 100 yard (91,4 meter) di seputar PokeStop. Bahkan ketika aplikasi ini begitu booming di dunia, peningkatan potensi kecelakaan bisa terjadi hingga 26,5 persen.

Dengan temuan ini, Mara Faccio dan McConnell yang juga ahli statistik, melakukan penghitungan dengan skala lebih besar, nasional AS. Dari teori ini, jika diaplikasi secara nasional, maka game online Pokemon Go meningkatkan jumlah kecelakaan hingga 145.632 kejadian di jalan. Jumlah cedera yang dihasilkan, naik hingga 29.370 orang, dan kematian 256 jiwa.

Jumlah kerugian ekonomi yang ditanggung juga lumayan besar, antara US$2 miliar-US$7 miliar pada 148 hari pertama aplikasi itu dipasarkan.

Memang sih, penelitian ini harus diuji lebih lanjut demi mempertanggungjawabkan keabsahannya. Tapi, di sisi lain, jumlah kenaikan ini jadi hal postif buat mengingatkan, seberapa bahaya kondisi jalan kalau kita tidak konsentrasi. Jadi selalu utamakan keselamatan di jalan! (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This