K70, Mobil VW Pertama Berpenggerak Roda Depan, Langka dan Istimewa

K70, Mobil VW Pertama Berpenggerak Roda Depan, Langka dan Istimewa
Varian Volkswagen K70 yang diproduksi hingga tahun 1975 - dok.Istimewa via Carscoops

Frankfurt, Motoris – Sedan Volkswagen (VW) memiliki catatan istimewa dalam sejarah pabrik pembuatnya _ VW AG – maupun di hati para penggemar mobil besutan pabrikan asal Wolfsburg, Jerman, itu. Betapa tidak, dia merupakan mobil VW pertama yang berpenggerak roda depan plus mesin yang menggunakan sistem pendinginan dengan air.

Proses produksinyapun dilakukan dalam rentang waktu yang cukup singkat, yakni dari tahun 1970 – 1975. So, bias dipastikan jumlah mobil ini juga terbatas. Walhasil, tak cuma ikonik, VW K70 juga sangat langka di dunia.

Seperti dilaporkan laman Carscoops, Jumat (24/10/2020), dalam file catatan sejarah VW, sedan yang merupakan nenek moyang dari sedan VW Passat itu mulai diproduksi pada 20 Oktober 1970. Artinya, tahun ini usianya genap 50 tahun.

Komunitas pemilik dan penggemar VW K70 di Eropa khususnya Jerman masih aktif – dok.Istimewa via Carscoops

Dia diproduksi di pabrik khusus yang didirikan untuk memproduksinya di Salzgitter, Jerman. Sedan ini dirancang oleh Claus Luthe, sosok kondang yang tangan dinginnya juga telah menghasilkan VW Polo dan VW Golf.

VW K70 menggunakan sasis canggih di zamannya. Pabrikan memberinya system suspense independen dan memiliki jarak sumbu roda yang panjang sehingga memberi ruang bagi kaki penumpang yang lapang.

Para insinyur VW melengkapinya dengan fitur keselamatan aktif dan pasif, dengan zona crumple di kedua ujungnya.Kkompartemen penumpang yang diperkuat, tangki bahan bakar yang dipasang di bagian belakang di area terlindungi dengan pelapis yang kuat dan aman, serta sabuk pengaman sebagai fitur standar.

Emblem khas VW K70 yang tersemat di grill – dok.Istimewa via Carscoops

Hingga kini, masih tersisa pemilik sedan tersebut yang setia mempertahankan keberadaannya. Salah seorang dari mereka adalah, Karl-Günter Queißer yang kini berusia 79 tahun.

Pensiunan penggambar sketsa mobil di pabrik VW yang berada di Salzgitter itu membeli K70 pada tahun 1971 atau satu tahun setelah dia bekerja di tempat itu. Sejak itu pula, kesetiaannya kepada K70 tak pernah luntur.

Kini saat tunggangan idolanya itu berusia 50 tahun, Karl berharap untuk merayakan ulang tahun bersama anggota klub penggemar K70 lainnya. Namun, karena situasi global yang dibekap pandemic Covid-19, dia harus memangkas daftar tersebut hingga hanya akan dihadiri sekelompok kecil orang saja.

Karl-Günter Queißer , salah seorang penggemar yang setia merawat VW K70 sejak dibelinya pada tahun 1971 hingga kini – dok.Istimewa via Carscoops

Selama bertahun-tahun, Karl merawat tiga varian K70. Mobil itu merupakan bagian dari beberapa mobil VW yang dikoleksinya. Tercatat dia memiliki K70 LS dan Golf Mk8, plus beberapa model lainnya. Dia juga yakin mobil listrik VW ID.3 bakal masuk ke dalam garasinya. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This