Honda Pamer Empat Robot yang Punya Rasa Empati

Honda Pamer Empat Robot yang Punya Rasa Empati

Tokyo, Motoris – Honda Motor Company memang sudah dikenal sebagai salah satu produsen otomotif yang gemar pamer teknologi robot. Buktinya, ketenaran Asimo, robot humanoid Honda sudah dikenal di dunia, bahkan kerap menjadi ikon perusahaan dalam hal kemajuan teknologi.

Sekarang, Honda mau pamer empat robot baru, yang berbekal teknologi eksperimental sekaligus mendeskripsikan visi perusahaan di masa depan. Dikutip Autoblog, lewat robot dan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), Honda percaya bisa meningkatkan kualitas mobilitas, membantu orang, dan belajar dari interaksi dengan manusia sehingga punya rasa empati.

Keempat robot ini merupakan bagian dari prototipe, 3E Robotics Concept. Pertama, 3E-D18, bentuknya mirip all-terrain vehicle (ATV) mini empat roda. Robot ini punya kemampuan off-road dan berteknologi otonomos dan AI. Konsepnya didesain untuk membantu orang dalam beragam aktivitas, salah satunya pemulihan bencana alam.

Honda 3E-B18 semacam robot kursi dengan empat motor elektrik. (Honda/Autoblog)

Kedua, semacam kursi roda mini, juga dengan motor empat roda, bisa digunakan baik untuk aktivitas dalam atau luar ruangan. Ketiga, RoboCas Concept yang sudah meluncur lebih dulu di Tokyo Motor Show (TMS), November 2017 lalu. Sekarang namanya berubah, jadi C-18, merupakan robot pembawa barang (kargo) atau freezer berwajah lucu, dengan sepasang mata pada pada bagian depannya.

Baca juga: Geely Mau Tantang Ferrari

Terakhir, robot A18, yang bentuknya seperti bohlam besar dalam kondisi terbalik. Robot ini berkonsep sebagai teman manusia yang bisa menunjukkan perasaan lewat beberapa mimik ekspresi wajah.

Honda 3E-C18 merupakan robot dengan kargo penyimpanan, bisa jadi frezzer, dengan sentuhan emosi. (Honda/Autoblog)

Terpisah, Honda juga akan pamer teknologi baterai, berjuluk Mobile Power Pack World.  Konsep baterai kepasan yang bisa ditukar untuk kendaraan listrik dan sistem charging yang kompatibel untuk rumah tangga dan kondisi darurat, seperti bencana alam. Kemasan baterai ini juga pernah dipamerkan Honda ketika meluncurkan PCX EV di TMS 2017 lalu.

Keempat robot ini akan jadi penampil utama dalam salah satu pameran teknologi terbesar di dunia, Comsumer Electronic Show (CES), di Las Vegas, Amerika Serikat, 9 Januari 2018 mendatang. (sna)

Di CES 2018, Honda mau pamer empat robot dalam konsep 3E (Empower, Experience, Empathy) Robotics Concept. (Honda/Autoblog)

CATEGORIES
TAGS
Share This