Porsche Ungkap Rahasia Pemilihan Nama 911

Nama 911 sudah dikenal di dunia sebagai salah satu mobil sport tangguh milik Porshce. (www.autoca.co.uk)

Stuttgart, Motoris Everything happens for a reason. Tentu ada yang sependapat dengan kalimat ini atau sebaliknya. Tapi, apa yang terjadi pada Porsche ketika memilih label 911 jadi salah satu model andalannya, terjadi karena tidak sengaja, bisa juga karena hoki.

Porsche 911, sudah dikenal di dunia sebagai salah satu mobil sport ikonik asal Jerman. Model ini bahkan sudah berusia lebih dari setengah abad lebih atau 55 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 1963 lalu.  Dalam unggahan video singkat, Porsche menjelaskan, sejarah bagaimana nama 911 bisa dipilih oleh perusahaan dan bertahan sampai saat ini.

Jadi, semula Porsche sudah menyiapkan label lain untuk model pertama (911), sebelum meluncurkan ke pasar, yakni 901. Mendengar rencana ini, merek Eropa lain, Peugeot lantas mengirimkan surat resmi kepada Porsche soal rencana ini.

Isinya, Peugeot mengingatkan, kalau label atau nama 901 sudah terdaftar sebagai salah satu merek milik perusahaan otomotif asal Perancis itu. Masalahnya, Porsche sudah melakukan persiapan produksi, salah satunya emblem 901 berlapis emas yang nantinya akan menempel di beberapa bagian mobil.

Baca juga: Renault-Nissan Caplok Perusahaan Media

Akhirnya, supaya tidak rugi dan demi menjaga ongkos produksi tetap terjaga, keputusan diambil. Akhirnya, angka “0” di tandaskan, kemudian diganti dengan “1” yang sudah ada cetakannya, sehingga kerugian tidak terjadi.

Jadi, hoki atau beruntung, yang jelas nama Porsche 911 berhasil terjaga selama jatuh-bangun perusahaan di industri otomotif global, sampai saat ini. (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This