Ujet, Skuter Listrik Lipat Lucu Tapi Canggih

Ujet, Skuter Listrik Lipat Lucu Tapi Canggih

Las Vegas, Motoris – Ajang pameran Consumer Electronics Show (CES) sudah berkembang dari sekedar pameran ponsel pintar, smart tv, atau kulkas canggih terbaru, namun lebih ke arah industri berbasis teknologi, salah satunya otomotif. Salah satu produk baru yang menarik perhatian adalah milik Ujet.

Perusahaan rintisan asal Luxemburg ini meluncurkan skuter berteknologi listrik dengan desain unik, bisa dilipat, menyasar pada kalangan urban. Ukurannya relatif mini, terlihat futuristik berkat bekalan pelek bolong alias hubless atau centreless. Jadi, terlihat tanpa jari-jari, sangat cutting edge.

Ujet mengklaim, skuternya ini diproduksi menggunakan rangka dengan material baja ringan khusus yang biasa digunakan pada dunia kedirgantaraan. Jadi, ringan tetapi kuat. Bobotnya, hanya 43 kg dan bisa dilipat jadi dua, sehingga mudah disimpan atau dibawa ke mana saja.

Tapi, keunggulan utamanya justru pada teknologi motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 5,44 hp dan torsi 90 Nm. Ada dua pilihan baterai, yang pertama membuat Ujet ini menjelajah 70 km dan kedua, hingga 150 km. Sekali pengisian dari baterai kosong sampai penuh, hanya butuh 2 jam dengan fast charger.

Baca juga: Mobil Listrik Mulai Jadi Dream Car

Skuter listrik ini bisa dilipat, bobot hanya 43 kg, harganya bisa beli mobil murah. (www.ujet.com)

Menariknya, baterai skuter ini kompak dan bisa dilepas serta dibawa ke manapun. Bisa juga digunakan sebagai power bank untuk ponsel dan speaker. Colokan juga didesain kompatibel layaknya kabel produk elektronik umum.

Skuter Ujet juga mampu terkoneksi dengan ponsel pintar pemilik, sekaligus menawarkan keamanan, berupa sistem penguncian. Juga ada fitur geolocation, jadi bisa dengan mudah mencari di mana posisi Ujet kalau Anda lupa parkir via ponsel. Beberapa informasi mulai dari daya baterai, jarak tempuh, atau lokasi bengkel terdekat juga bisa terpantau via ponsel. Skuter ini punya sistem koneksi Wi-Fi, Bluetooth, atau menggunakan SIM Card dan konektivitas 3G.

Skuter Ujet rencananya mau dipasarkan di Eropa duluan, baru menyusul Amerika Serikat, dan Asia pada paruh kedua 2018. Harganya, belum fixed, tapi lumayan estimasinya, yakni US$ 8.900 (Rp 119,5  juta) dan US$9.900 (Rp 132,9 juta), tergantung dari jarak tempuh. Cukup buat beli mobil murah di Indonesia. (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This