Aksesori Biker Dapat Penghargaan Inovasi Terbaik di CES

Aksesori Biker Dapat Penghargaan Inovasi Terbaik di CES

San Diego, Motoris – Produsen aksesori biker, NUVIZ Head up Display (HUD) berhasil mendapatkan penghargaan sebagai CES 2018 Best of Innovation Awards Honoree, Selasa (9/1/2018). Penghargaan ini diberikan oleh Asosiasi Konsumen Teknologi (Consumer Technology Association/CTA), dengan penilaian juri independen, mulai dari para desainer, insinyur, sampai jurnalis teknologi pada pameran teknologi terbesar di dunia, Consumer Electronic Show (CES), yang tengah berlangsung saat ini di Las Vegas, AS.

Piranti ini menawarkan sistem yang mengintegrasikan navigasi, komunikasi, foto&video, serta musik dalam satu alat yang canggih. Kelebihan lainnya, alat ini membuat sesama biker saling terkoneksi, tetapi bukan terganggu konsentrasinya, dan menghilangkan kekurangan alat-alat semacamnya, yang ribet. Alat ini juga tanpa kabel, jadi sama sekali tak menggangu aktivitas berkendara para biker.

“Berkendara sepeda motor merupakan olahraga berbahaya, butuh fokus penuh di jalan, tapi mayoritas biker masih menengok ke bawah ke alat, ponsel, baik untuk navigasi, musik, dan ini meningkatkan gangguan,” kata Marcel Rogalla, Founder sekaligus CEO NUVIZ, dilansir Motorcycle.com.

Jadi, HUD ini sebenarnya bukan barang baru di dunia otomotif. Tapi, fitur ini belum umum, tapi hanya terdapat pada beberapa model mobil di segmen menengah sampai premium. Fungsinya sederhana, seperti proyektor yang menembakkan gambar ke layar transparan, biasanya di atas dasbor mobil.

Baca juga: Ujet, Skuter Listrik Lipat Lucu Tapi Canggih

Ilustrasi mekanisme operasional HUD pada helm. (www.ridenuviz.com)

Mekanisme ini membuat seolah, tampilan navigasi terpapar di kaca depan mobil, sehingga membantu dalam hal informasi penunjang mengemudi. Pengemudi juga tak perlu memalingkan kepalanya atau pandangannya ke arah lain, karena semua informasi sudah terdapat di kaca depan, via HUD.

Nah, kalau NUVIZ HUD ini, konsepnya sama, tapi tampilan segala informasi tadi, munculnya di kaca helm. Tepatnya, di bagian kanan bawah kaca helm.  Tombol pengatur tersedia terpisah, terkoneksi via Bluetooth dan bisa ditaruh di gagang setang, sehingga ergonomis buat biker. “Kami telah mendesain NUVIZ HUD untuk mempermudah riding, meminimalisir gangguan konsentrasi, dan asupan informasi tetap terjaga,” kata Marcel.

Bagi yang tertarik, NUVIZ HUD sudah dijual secara umum, tapi via online. Ketersediaan produk secara massal diprediksi mulai Juli 2018, harganya lumayan, US$ 699 atau Rp 9,3 juta. (sna)

Menggunakan koneksi Bluetooth, jadi nirkabel. (Ilustrasi mekanisme operasional HUD pada helm. (www.ridenuviz.com)

CATEGORIES
TAGS
Share This