Alpina B5 Bi-Turbo Touring, Wagon Terkencang di Dunia

Alpina B5 Bi-Turbo Touring, Wagon Terkencang di Dunia

Buchloe, Motoris – Mobil station wagon lazimnya dipilih oleh konsumen yang menginginkan unsur kepraktisan dari sebuah kendaraan penunjang aktivitas sehari-hari. Meski pamornya sudah sedikit tergeser karena merebaknya produk Sport Utility Vehicle (SUV), namun station wagon masih memiliki sejumlah pengikut setianya.

Seiring perkembangan jaman dan tren pasar, jangan heran jika mobil station wagon pun kini memiliki performa yang setara dengan sebuah supercar. Sebut saja Alpina B5 Bi-Turbo Touring yang berbasis BMW Seri 5 Touring ini. Perpaduan antara kenyamanan, kemewahan, dan performa brutal, menjadi tiga aspek yang dituangkan oleh Alpina melalui B5 Bi-Turbo Touring.

Unsur aerodinamika pada eksterior semakin disempurnakan melalui pemasangan spoiler rancangan Alpina di bagian depan dan belakang. Tak hanya membuat mobil semakin terlihat atraktif, namun juga fungsional dan sukses mengalirkan udara secara lancar dari depan hingga belakang.

Alpina B5 Bi-Turbo Touring yang dipasarkan hanya dengan dua pilihan warna Alpina Blue dan Alpina Green ini, memiliki plakat khusus bertuliskan urutan produksi yang terdapat di konsol tengah. Interiornya dibalut dengan material kulit mewah Nappa, sedangkan lingkar kemudi dibungkus dengan material kulit Lavalina.

Baca juga: ARES Design Hidupkan Kembali Sosok De Tomaso Pantera

Alpina B5 Bi-Turbo Touring dibekali mekanis V8 N63TU2 4,4 liter, twin-scroll turbocharge. (Alpina Automobiles)

Setiap roda Alpina B5 Bi-Turbo Touring ini mendapat limpahan torsi mesin melalui sistem penggerak empat roda BMW. Sistem penggerak roda yang canggih ini bahkan mampu mendistribusikan torsi mesin hingga 90% khusus menuju roda belakang. Sistem ini bekerja berdasarkan berbagai input dan sinyal dari kondisi mobil saat melaju.

Untuk pertama kalinya untuk produk Alpina B5 adalah penyematan sistem Active Rear Steering, yang memungkinkan roda belakang turut menikung hingga sudut kemiringan 2,5 derajat, demi memberikan kedinamisan saat berkendara. Selain itu, terdapat fitur Dynamic Drive atau Active Roll Stabilitator, yang berfungsi mengoptimalkan kualitas kenyamanan berkendara, sekaligus membuat mobil semakin dinamis.

Alpina B5 Bi-Turbo dibuat dengan satu pilihan mesin dan satu pilihan spsifikasi chassis. Sehingga para insinyur Alpina dapat melakukan kalibrasi secara maksmal terhadap setiap komponen, tanpa ada kompromi. Hasilnya, mobil ini tak hanya dinamis saat diajak melahap trek balap dengan kecepatan tinggi saja, namun juga luwes untuk digunakan pada jalan raya dengan kecepatan normal.

Tenaganya mencpai 608 hp dan torsi 800 Nm. (Alpina Automobile)

Menu utama yang disuguhkan oleh mobil station wagon ini ialah jantung mekanis V8 N63TU2 berkapasitas 4,4 liter dengan sepasang twin-scroll turbocharger. Dua unit turbo ini mampu menghembuskan tekanan sebesar 1.4 bar, sehingga tenaga maksimumnya mencapai 608 hp dan torsi puncak 800 Nm.

Guna menyalurkan output mesin menuju roda, Alpina menyematkan transmisi otomatis 8-speed buatan ZF, dengan torque converter beukuran besar dan susunan gigi yang jauh lebih kuat. Sehingga proses akselerasi 0-100 kpj dapat diselesaikan dalam 3,5 detik dan top speed dicapai lebih dari 320 kpj.

Setiap unit Alpina B5 Bi-Turbo Touring dijual dengan banderol 96.891 euro atau Rp 1,57 miliar, posisi harga November 2017 lalu. (adp)

Setiap unit dibanderol Rp 1,57 miliar, harga November 2017. (Alpina Automobile)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS