Untung Rugi Pakai Filter Terbuka pada Motor

Untung Rugi Pakai Filter Terbuka pada Motor

Jakarta, Motoris – Melepas atau mengganti filter udara menjadi salah satu trik singkat meningkatkan performa mesin motor. Tujuannya adalah membuat asupan udara lebih besar sehingga tenaga pun ikut terdongkrak.

Sebenarnya langkah ini sah-sah saja, tapi dalam praktiknya banyak biker sering lupa bahwa penggunan filter aftermarket punya konsekuensi tambahan. Adalah, wajib diiringi dengan perawatan ekstra dari motor dengan filter standar (tertutup).

Paling sederhana, adalah rajin membersikan parmukaan filter. Bila dibandingkan dengan saringan standar yang tertutup, interval membersihkan filter alternatif yang dalam posisi terbuka butuh waktu lebih cepat.

“Ibaratnya seperti pakai isi pulsa Rp 25.000 dengan Rp 50.000. Maka yang Rp 25.000 kalau dipakai terus kan lebih cepat habis. Nah, filter aftermarket yang terbuka juga begitu analoginya,” ucap Julfi mekanik diler Yamaha di jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, belum lama ini.

Baca juga: Benar/Salah Sepeda Motor Standar Pakai Busi Racing?

Julfi mengatakan, minimal proses pembersihan filter terbuka adalah satu bulan sekali. Sementara untuk filter standar biasanya dibersihkan ketika motor melakukan servis berkala.

Untuk membersikan filter sebenarnya tidak susah, cukup disemprotkan udara dari kompresor dengan tekanan yang rendah. Selain itu, harus jugadiperhatikan usia pakai, biasanya filter terbuka lebih cepat berkurang fungsinya dari standar pabrikan.

“Karena terbuka otomatis kotoran seperti debu dan lainnya akan mudah hinggap. Kalau tidak dibersihkan risiko bisa masuk ke karburator, ini akan lebih repot nantinya,” ucap Julfi.

Selain itu, masih ada faktor lain yang juga jadi pertimbangan biker. Julfi mengingatkan, salah satu efek samping dari penggunaan filter aftermarket, yakni konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Kondisi ini lumrah karena suplai udara ke ruang pembakaran lebih besar dari standarnya. (SQL)

CATEGORIES
TAGS
Share This