Legenda Balap, Subaru Legacy RS dalam Tawaran

Legenda Balap, Subaru Legacy RS dalam Tawaran

Silverstone, Motoris – Mendengar kata Subaru, perhatian banyak orang akan tertuju kepada sosok mobil tangguh yang melegenda di ajang balapan reli. Salah satu merek ikonik asal Jepang ini memang sudah lengganan jadi salah satu peserta balap tersohor reli dunia, World Rally Championship (WRC).  Sayang, Subaru bukan lagi jadi peserta sejak musim 2009, tapi salah satu ikon mobil reli ini tak pernah luntur sampai saat ini.

Baru-baru ini lembaga lelang Silverstone Auctions, Inggris, mengumumkan mau melego satu unit Subaru Legacy RS Group A WRC Car lansiran 1993. Mobil ini syarat dengan historis, karena sama seperti yang dikendarai pebalap Ari Vatanen dan Richard Burns di era 1990-1993.

Legacy RS ini dilelang dalam ajang Race Retro Classic Car Sale,  (24/2/ 2018), ditawarkan dengan rentang harga pembukaan 120.000 – 140.000 Poundsterling atau Rp 1,9 miliar – Rp 2,2 miliar.

Pernah dipakai oleh Ari Vatenan pada ajang WRC 1993 di Acropolis, Yunani. (Motor1)

Karir Legacy RS

Karir Subaru Legacy RS di WRC dimulai 1990 – 1993 dan masuk ke dalam kelas utama atau Group A, yang bertarung melawan mobil-mobil group A lainnya seperti Toyota Celica GT-Four, Lancia Delta HF Integrale, Ford Escort RS Cosworth, dan Mitsubishi Galant VR-4. Selain itu Legacy RS merupakan tonggak sejarah digunakan untuk pertama kalinya mesin Boxer flat-4 berkompetisi di ajang reli dunia.

Baca juga: Alpina B5 Bi-Turbo Touring, Wagon Terkencang di Dunia

Berkat ini juga, teknologi itu makin terkenal di dunia setelah departemen motorsport Subaru (STI – Subaru Technica International) memindahkan basisnya dari Jepang ke Inggris. Subaru menggandeng bengkel tunning, Prodrive, milik David Richard yang berhasil membawa Subaru Reli Team ke level dunia.

Podium perdana dari Legacy RS di WRC diperoleh pada seri Swedia, WRC 1991, peringkat ketiga, oleh Markku Alen. Kemenangan utama berhasil diraih pada 1993 bersama Colin Mc Rae di Reli New Zealand dan lima podium. Tapi, di ajang British Reli Championship, Subaru mendominasi, menjadi juara umum selama tiga tahun berturut-turut (1991-1992) bersama Colin Mc Rae dan Richard Burn (1993).

Menggunakan mesin Boxer flat-4, pertama kali di ajang reli dunia, membuat nama Subaru makin bersinar. (Motor1)

K 555 BAT

Sejarah mobil reli yang mau dilelang, berkode registrasi K 555 BAT ini turun dalam ajang WRC 1993 di Acropolis, Yunani. Dikemudikan Ari Vatenan, sampai akhirnya mengalami kecelakaan di Special Stage 21 yang mengakibatkan mobil rusak parah. Setelah kecelakaan mobil dibawa kembali ke markas Prodrive di Inggris untuk diperbaiki, sebelum akhirnya dijual ke tim reli asal Italia “Procar”.

Dalam ajang Bettega Memorial Relisprint, Italia, 1995, Richard Burn memenangkan podium kedua menggunakan mobil ini. Pada 2000, mobil kembali ke Inggris dengan majikan baru, Hugh Dunne, digunakan dalam ajang reli IRC – Intercontinental Reli Challenge.

Setahun kemudian (2001), mobil ini kembali dijual kepada Alastair Cavenagh, kemudian dibekali spesifikasi ala Subaru Impreza Safari Reli, Africa oleh Subaru’s Autosportif Engineering Ltd, dari Bicester.

Akhirnya, Subaru Legacy RS ini dibeli lagi oleh Richard Burns Collection, 2008 , dikembalikan ke bentuk dan spesifikasi asli oleh Autosportif lagi. Proses ini pun diawasi oleh Ian Richardson, mantan staff engineering Prodrive. Kini, K 555 BAT telah kembali ke bentuk dan spesifikasi asli, seperti saat reli gravel dan menggunakan livery kejuaraan reli WRC seri Acropolis 1993. (KIR)

Sudah beberapa kali alih kepemilikan, sampai akhirnya direstorasi kembali ke wujud asal. (Motor1)

CATEGORIES
TAGS
Share This