AC Mobil Enggak Dingin, Bukan Melulu Soal Freon

AC Mobil Enggak Dingin, Bukan Melulu Soal Freon

Jakarta, Motoris – Kebanyakan pemilik mobil saat melakukan servis air conditioner (AC), fokus utamanya pada kesejukan udara. Padahal, selain mengecek asupan refrigerant atau lebih dikenal dengan (merek) freon ada hal penting lainnya yang sering dilupakan, yakni filter AC.

Saringan udara ini umumnya juga disebut sebagai filter kabin karena letaknya yang berada di dalam dasbor. Sesuai fungsinya, filter memiliki peranan untuk menyaring kotoran, namun pemilik mobil sering lupa bila filter juga memiliki masa pakai.

“Sama seperti filter pada mesin, atau bensin, kalau sering digunakan bisa kotor juga karena menampung banyak kotoran dan debu. Parahnya lagi kalau sampai menumpuk, karena bikin udara yang dihisap oleh blower jadi tersendat,” ucap Yusran, teknisi Sentosa Motor di Jakarta Timur, belum lama ini.

Yusran menjelaskan, ketika asupan udara tersendat maka secara otomatis juga mempengaruhi suhu udara di dalam kabin. Meski sudah menyetel blower pada tingkat maksimal, gejala AC terasa tidak dingin akan dirasakan penghuni kabin.

“Kalau sudah begini biasanya orang langsung asal nebak karena freon yang habis, padahal bisa jadi juga karena sumbatan kotoran karena filter yang kotor tadi,” ujar Yusran.

Baca juga: Ganti Oli, Baiknya Berpatokan pada Jarak atau Waktu?

Pemilik kendaraan baiknya tidak luput untuk memperhatikan kebersihan pada filter AC, karena selain bisa menjaga kualitas udara agar tetap sejuk, juga mencegah kotoran masuk ke dalam kabin. Dampak debu yang masuk ke kabin bersama hembusan AC sangat merugikan untuk kesehatan.

Untuk memastikan filter kabin atau AC tetap terjaga, Yusran menyarankan untuk melakukan pengecekan rutin. Bagi mobil yang sering digunakan dan melintas di medan berdebu, baiknya dilakukan pengecekan minimal tiap dua bulan sekali. Sedangkan, kendaraan yang jarang digunakan enam bulan adalah batas waktu yang ideal untuk mengecek.

“Filter itu rata-rata bentuknya dari serat dan kertas, jadi kalau sudah kotor biasanya langsung ganti baru. Untuk harga sih relatif, tapi tidak terlalu mahal kalau dibandingkan membetulkan AC yang rusak karena filter yang kotor,” ucap Yusran. (SQL)

CATEGORIES
TAGS
Share This