Deteksi Masalah Rem dari Butiran Debu

Deteksi Masalah Rem dari Butiran Debu

Jakarta, Motoris – Bagi Anda pemilik mobil, pernahkah memperhatikan lebih detail permukaan pelek, tiba-tiba ada noda semacam debu hitam, terutama di bagian depan. Banyak yang menggangap hal itu hanya sekadar kotoran saja, tanpa berfikir macam-macam.

Usut punya usut, ternyata kehadiran noda hitam pada pelek itu semacam early warning system, ciaelah. Mungkin tidak early juga kalau tahunya sudah mingguan atau bulanan, tetapi kondisi ini patut dicurigai, menyangkut kondisi komponen pada ban.

Arifani Perbowo selaku Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI), mengatakan, bisa jadi noda hitam menandakan ada masalah pada sistem pengereman.

“Bila berupa serbuk, patut mencurigai komponen kampas rem. Biasanya kondisi ini terjadi karena lapisan kampas yang terkikis ketika mobil digunakan secara terus menerus,” ucap Arifani, belum lama ini.

Baca juga: Jangan Terlena dengan Starter Elektrik

FOLLOW IG @MotorisIndonesia-Grafis Otomotif-Motoris-Datsun 240Z

Menurutnya, serbuk hitam yang mengotori pelek berasal dari serpihan asbes pada kampas. Sementara untuk mendeteksi apakah kampas benar-benar dalam kondisi yang wajib diganti, biasanya akan mudah dirasakan ketika melakukan pengereman.

Contoh, respons rem berkurang saat pedal diinjak. Artinya, bila biasanya mobil dengan mudah tereduksi lajunya ketika melakukan pengereman, namun saat kampas sudah mulai menipis jarak berhenti akan terasa makin panjang.

Bila pemilik mobil sudah merasakan gejala tersebut, ditambah lagi sering melihat adanya serbuk hitam pada pelek bagian depan, baiknya jangan menunda untuk melakukan pengecekan di bengkel andalan.

“Jangan dianggap enteng, lebih baik langsung diperiksa karena fatal akibatnya bila sistem rem terganggu atau sudah tidak berkerja secara optimal,” kata Arifani. (SQL)

CATEGORIES
TAGS
Share This