Ketika Bebek Supra Digentayangi Sundel Bolong

Ketika Bebek Supra Digentayangi Sundel Bolong

Jakarta, Motoris – Pasaran motor bebek memang tidak sewangi skutik atau sport di Indonesia, sekarang ini. Tapi,  dalam dunia modifikasi atau custom, apapun jenis motor itu urusan kedua, yang paling utama adalah bagaimana hasil karyanya.

Contohnya Honda Supra X lansiran 2004, bikinan Hasan Law dari Pandawa Motorbike. Meski berbasis bebek dengan kapasitas mesin yang minim tenaga, tapi bicara soal karya, motor ini sukses mempecundangi puluhan custom lainnya dalam final Honda Modif Contest (HMC) 2017 lalu.

Hasil kreasi yang dibuat Law memang terbilang tidak lazim, bahkan out of the box. Kenapa? Karena pada umumnya bebek biasanya cenderung bermain modif dengan konsep sporty. Tapi bukan itu yang dipilih Law, karena sangat berbeda dari yang ada.

Rancangan Law bertemakan old school, mengambil konsep chopper yang dikawinkan dengan kesederhanaan mesin single silinder tidur khas bebek yang pernah punya predikat terlaris di Indonesia. Hasilnya bisa dilihat sendiri, mini chopper lahir dengan detail pengerjaan yang cukup rapi.

Baca juga: NMAA Pamer Mercedes-Benz W212 Modif Great Indonesia di Jepang

Sekitar 90% lebih bagian motor Supra dirombak total oleh Hasan Law dari Pandawa Motorbike. (Pandawa Motorbike/IST)

Hasrat Law membuat custom bergaya mini chopper ternyata sudah cukup lama. Selama ini ia mengaku bosan menunggangi chopper bermesin besar.

“Bikin yang beda, kalau biasanya chopper punya kapasitas mesin besar, ini kita bikin dari mesin bebek. Ada tantanganya sendiri, apalagi kita tetap mempertahankan posisi mesin tidur, tidak kita tegakkan,” kata Law beberapa waktu lalu.

Julukan yang diberikan Law pada karyanya ini juga menggelitik telinga, yakni Sundel Bolong. Alasannya karena cocok untuk menggoda kaum lelaki.

Hampir semua sektor divermak habis, kecuali mesin. Kira-kira 90% lebih sudah menggunakan perangkat custom, baik yang dibuat sendiri sampai beberapa komponen lain yang dibeli secara khusus (aftermarket). Contohnya pada sektor rangka, untuk mendapat kesan chopper yang landai. Law merancang sendiri sasis dengan tetap memperhatikan center gravity agar manuver tetap terjaga saat berkendara.

Baca juga:

Hasil detailing custom Pandawa Motorbike cukup rapi. (Pandawa Motorbike/IST)

Setelah itu, Law ikut mendesain tangki, jok model king n queen, spatbor, knalpot, sampai model dudukan setang agar pas dengan tongkrongan chopper. Dimensi pelek yang digunakan juga berbeda antara depan dan belakang.

Guna mengimbangi tampilan chopper, mesin mungil milik Supra ikut dirapihkan kembali. Bagian silinder dipoles ulang, sementara blok kanan-kirinya dibuat kinclong dengan kilau krom. Alhasil Sundel Bolong milik Law bisa tampil ciamik diantara puluhan motor custom HMC, bahkan pernah mendapat penghargaan khusus di ajang Kustomfest 2017 lalu dari media internasional. (SQL)

Pernah mendapat penghargaan khusus di ajang Kustomfest 2017 lalu dari media internasional. (Pandawa Motorbike/IST)

CATEGORIES
TAGS
Share This