Sejarah Legenda Toyota Supra Terhirup Kembali di Geneva

Sejarah Legenda Toyota Supra Terhirup Kembali di Geneva

Nagoya, Motoris – Sulit dipungkiri jika era mobil sport Japan Domestic Market (JDM) era’80 – ’90an tak lekang dimakan zaman. Sebut saja Honda NS-X, Mazda RX-7, Nissan 300ZX, Mitsubishi 3000GT, Nissan Skyline GT-R hingga Toyota Supra, semuanya bahkan menjadi idola hingga zaman now.

Apalagi setelah Nissan menghidupkan kembali GT-R dan Honda menghadirkan NS-X, rasanya saat ini adalah waktu yang tepat bagi Toyota untuk kembali menghidupkan legenda Toyota Supra sebagai mobil sport ikonik.

Medio Februari lalu, Toyota telah mengumumkan kehadiran “satu konsep balap modern yang menandai komitmen membawa kembali sports car paling ikonik ke pasar”. Sebuah pengumuman yang menyiratkan keyakinan akan kembalinya Supra dalam waktu dekat. Sebuah foto teaser yang turut dipublikasikan menunjukkan siluet tampilan sayap belakang yang menjulang, menegaskan kehadiran mobil dengan label sports car.

Geneva Auto Show 2018 yang akan berlangsung dua hari lagi (8/3/2018) merupakan panggung yang tepat bagi Toyota untuk melahirkan kembali Supra. Nah, sembari menantikan wujud Supra modern, buat kidz zaman now, butuh paham sejarah perjalanan Supra sehingga menjadi salah satu mobil legenda di dunia.

Baca juga: Mengenang Mobil Sport Legendaris Swedia, Volvo P1800

CelicaSupra_Gen1
Lahir 40 tahun lalu, Supra generasi pertama masih menjadi bagian dari keluarga Celica (Toyota)

Gen 1: Toyota Celica Supra (1978 – 1981)

Lahir bulan April 1978, Supra hadir sebagai bagian dari generasi Celica, yang dikenal juga sebagai Celica XX di Jepang. Bermesin 6-silinder segaris 2,6 liter, tenaga yang dihasilkan mencapai 110 hp dengan torsi 184 Nm , berpasangan dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed sebagai pilihan.  Untuk mengakomodasi mesin 6-silinder, bagian depan Supra mendapat tambahan panjang sekitar 10 cm dibandingkan Celica standar kala itu.

Model terakhir generasi pertama Supra mendapatkan mesin 6-silinder 2,8 liter yang menghasilkan tenaga lebih besar yaitu 116 hp dan torsi 196 Nm. Paket fitur yang lebih sporty juga tersedia dengan suspensi yang lebih kaku dan spoiler di depan dan belakang.

CelicaSupra_Gen2
Toyota Celica Supra generasi kedua menampilkan lampu model pop up (Toyota)

Gen 2: Toyota Celica Supra (1981 – 1986)

Generasi kedua Supra masih menjadi bagian keluarga Celica, kini hadir dengan model baru, lampu model pop-out dan mengusung mesin 6-silinder sebagai cirri khasnya. Mesin ini menawarkan performa semakin tinggi dengan tenaga mencapai 145 hp dan torsi puncak 210 Nm. Transmisi manual 5-speed masih menjadi kelengkapan standard dengan pilihan transmisi otomatis 4-speed.

Baca juga: Shelby GT500, Legenda Kuda Liar Berperforma Tinggi

Supra_Gen3
Generasi pertama yang melepaskan nama Celica dengan mempertahankan penggerak roda belakang dan mesin 6-silinder (Toyota)

Gen 3: Toyota Supra (1986 – 1992)

Berpisahnya Toyota Supra dari keluarga Celica sempat menjadikan generasi ketiga Supra ini hadir terlambat di pasar. Namun mulai saat ini, Toyota Supra benar-benar menjadi model sports baru di jajaran mobil Toyota. Apalagi, Supra mempertahankan sistem penggerak roda belakang, sementara Celica menjadi mobil berpenggerak roda depan.

Di balik kap mesinnya Supra tetap menggunakan mesin 6-silinder segaris, kali ini dengan kapasitas 3,0 liter yang mampu mencurahkan tenaga hingga 200 hp dan torsi 266 Nm.  Hanya berselang setahun, Toyota menawarkan Supra dengan mesin turbo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 230 hp dan torsi 325 Nm. Pada Supra turbo, Toyota telah melengkapinya dengan limited-slip differential dan suspensi yang dapat diatur.

Supra_Gen4
Generasi terakhir Supra yang menawarkan mesin paling bertenaga dengan suntikan turbocharger dan bertahan hingga 2002. (Toyota)

Gen 4: Toyota Supra (1993 – 2002)

Toyota Supra generasi ke-4 ini menjadi Supra yang paling dikenang sepanjang masa. Dengan performa dan ketenarannya baik di ajang balap maupun layar perak, Supra MK IV menjadi salah satu mobil sport Toyota yang paling popular.  Para insinyur di Toyota memang fokus untuk menjadikan Supra ini sebagai mobil sport yang hebat, tak heran jika dari sisi bobot, Supra ini bahkan lebih ringan hingga 100 kg dibandingkan model sebelumnya.

Dua mesin ditawarkan untuk Supra generasi ini, yaitu mesin 6-silinder 3,0 liter dengan tenaga 220 hp dan torsi 285 Nm yang dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Mesin lainnya yaitu mesin 6-silinder 3,0 liter dengan turbocharger yang dapat menghasilkan tenaga puncak 320 hp dan torsi puncak 427 Nm, dengan pilihan transmisi manual 6-speed atau otomatis 5-speed. Mobil ini diproduksi hingga tahun 2002 di Jepang.

Baca juga: Datsun 240Z, Sang Juru Selamat Nissan

ToyotaFT-1
Hadir di ajang Detroit Auto Show 2014, Toyota FT-1 digadang-gadang menjadi masa depan Toyota Supra (Toyota)

Toyota FT-1 Concept (2014)

Di ajang Detroit Auto Show 2014, Toyota menampilkan sebuah konsep mobil sport yang dinamai Toyota FT-1 yang disebut-sebut sebagai masa depan Toyota Supra. Saat itu, Toyota sama sekali tak menyebutkan mengenai spesifikasi yang dimilikinya, namun sosoknya tak dapat dipungkiri sangat-sangat sporty. Lubang udara yang massif di bagian depan , bonnet depan yang panjang, spoiler belakang yang juga besar serta diffuser di bumper belakang.

Jadi, apakah Toyota FT-1 akan menjelma menjadi New Toyota Supra? Kita nantikan saja di ajang Geneva Auto Show 2018 beberapa hari lagi. (BIL)

CATEGORIES
TAGS
Share This