Yamaha NMAX Matrix Techno, Mengaplikasi OS Andorid

Yamaha NMAX Matrix Techno, Mengaplikasi OS Andorid

Jakarta, Motoris – Nama Agus Hadi Purwanto asal Yogyakarta melambung setelah sukses menyabet gelar King of Maxi Yamaha Modification dengan NMAX garapannya dalam ajang CustoMAXI. Ubahan yang dihadirkan Agus pada skutik bongsor tersebut tidak main-main, konsepnya mengedepankan futuristik dan syarat teknologi kekinian.

Meski secara tampang masih mempertahankan kemasan pabrikan, namun beberapa bagian sudah rombak total. Konsep futuristik dituangkan Agus dengan mengubah sistem kerja manual menjadi otomatis, contohnya jok yang dipasangkan perangkat hidrolik sehingga memiliki kerja elektrik.

Menariknya, sistem elektrik yang diaplikasi tidak sembarangan, namun terintegrasi dengan sistem operasi (Operating System/OS) Android. Jadi, buat buka-tutup jok bisa dikendalikan lewat tablet ataau ponsel pintar dari gengaman tangan.

Sistem Android ini juga bisa digunakan untuk mematikan dan menyalakan semua lampu pada yang tertanam pada NMAX. Lebih gokil lagi, juga bisa dijadikan remote mematikan dan menyalakan mesin. Alasan ini juga sepertinya yang mendorong Agus menamai kreasinya dengan julukan NMAX Matrix Techno.

Baca juga: Honda CB150 Verza Ala Evil Knievel

 

Dibenamkan sistem hidrolik pada jok, sehingga bisa buka-tutup dengan elektrik. (YAMAHA)

Selain dari sisi teknologi, beberapa konsep pedukung lainya juga ikut diterapkan. Mulai dari pemasangan aksesori aftermarket, sampai sentuhan grafis dengan kombinasi putih, emas, dan merah marun yang selaras.

Agar kaki-kaki terlihat lebih kekar, Agus memilih sistem suspensi baru lansiran Ohlins di bagian belakang, sementara di depan menggunakan model upside-down. Pelek yang sudah kinclong dipadukan dengan paket pengereman dari Brembo.

Untuk kendali atau sektor kokpit, disulap menjadi lebih berwarna menggunakan perangkat NUI Racing dengan model stang jepit yang sudah dilengkapi dengan stabilizer. Konsep sporty makin kental mana kala lapisan karbon ikut di terapkan di area sekitar dasbor.

Proses pengerjaan, kata Agus, dilakukan selama kurang lebih tiga bulan, sementara untuk konsumsi dana yang dihabiskan mencapai Rp 50 juta. Hampir dua kali lipat dari banderol NMAX itu sendiri.

Namun hal tersebut sepadan dengan apa yang di dapat Agus setelah meyandang gelar modifikasi terbaik dan mendapatkan Yamaha Aerox 155 dan Yamaha XMAX. (SQL)

Habis sekitar Rp 50 juta buat modifikasi NMAX Matrix Techno. (YAMAHA)

CATEGORIES
TAGS
Share This