Biker Polwan Beraksi di Ibu Kota India

Biker Polwan Beraksi di Ibu Kota India

Delhi, Motoris – Menjadi bagian dari upaya memerangi kekerasan pada wanita, Kepolisian New Delhi mengerahkan pasukan khusus Polisi Wanita (polwan) patroli mengendarai sepeda motor. Pasukan ini berkeahlian khusus, bela diri dan bersenjata lengkap, siap menumpas kejahatan yang kerap terjadi di jalanan.

Jumlah tindak kekerasan terhadap wanita menjadi isu yang sensitif di India, dalam satu dekade terakhir. Menurut Konvensi Penghapusan Diskriminasi Terhadap Perempuan (CEDAW) ratifikasi 1993, masalah ini masih terjadi. Menurut Biro Catatan Kejahatan Nasional India, tindak kekerasan terhadap perempuan meningkat beberapa ribu kejdian setiap tahunnya, dalam satu dekade terakhir.

Persiapan pembentukan kesatuan ini, dilakukan pihak kepolisan terhadap 4.000 remaja putri Desember 2017 lalu. Sekarang, setelah tiga bulan berselang, kesatuan khusus biker polwan diresmikan dengan sebutan “Women Patrolling Squad” (WPS). Kayanya, konsepnya mirip dengan Tim Jaguar dari kesatuan Polres Depok yang memberantas aksi begal dengan patroli juga mengendarai motor.

Motor sengaja dipilih sebagai kendaraan operasional karena ketangkasannya. Masuk gang sempit sampai menerobos lalu lintas yang padat masih bisa dilakukan, sehingga lebih praktis ketimbang kendaraan jenis lain.

Baca juga: Tenang, Merokok, Musik, dan GPS Masih Aman Sambil Nyetir

Setiap anggota kesatuan ini, ahli berkendara motor, lihai bela diri, dan menembakkan senjata api. (Times of India)

Setiap anggota kesatuan WPS telah mendapatkan pelatihan khusus dalam mengendarai dan teknik berkendara motor. Mereka juga jago dalam perkelahian tangan kosong dan menembakkan senjata api. Mereka juga telah dibekali pengetahuan cukup soal tindak kekerasan yang kerap terjadi pada wanita, bagaimana menanggulangi korban, membuat laporan, termasuk psikologi persuasif mendorong kaum hawa aktif melaporkan jika ada tindak kriminal.

Masalahnya, data Biro Catatan Kejahatan India mencatat, dari total 37 ribu kasus, mayoritas korban tindak perkosaan dan kejahatan seksual mengenali pelakunya. Dengan adanya kesatuan khusus ini, Kepolisian Delhi berharap bisa memerangi kejahatan terhadap wanita. Satu lagi yang cukup membanggakan, kesatuan biker polwan ini semuanya mengendarai sepeda motor buatan lokal, bukan impor macam Yamaha, Honda, atau Harley-Davidson. (sna)

Sumber: RideApart

CATEGORIES
TAGS
Share This