Honda NSX GT3 Sedot Perhatian Pengunjung IIMS

Honda NSX GT3 Sedot Perhatian Pengunjung IIMS

Jakarta, Motoris – Salah satu pikat booth Honda Prospect Motor (HPM) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang menyedot perhatian pengunjung adalah kehadiran mobil sport Honda NSX GT3.

Maklum nama sohornya yang didukung performa dahsyat menggelitik rasa ingin tahu siapa saja yang pernah mengenal atau membaca informasinya.

“Di game racing, mobil ini banyak digemari para gamers. Jadi, pingin tahu saja seperti apa (wujud) aslainya,” tutur Samuel, 19 tahun, salah seorang pengunjung yang ditemui Motoris di arena IIMS, JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/4).

Pemuda yang juga mahasiswa jurusan teknik mesin di sebuah universitas di kawasan Grogol, Jakarta, Barat itu terlihat antusias mengabadikan bagian demi bagian dari mobil buah kolaborasi antara Honda R&D Jepang, JAS Motorsport, dan Honda Performance Development (HPD) itu. Tak ketinggalan leaflet papan kecil yang berisi informasi jati diri mobil di abaca dengan teliti.

Honda NSX GT3 dipamerkan di IIMS 2018 – dok.Motoris

Namun tak hanya Samuel saja yang kepincut dengan mobil itu. Sejumlah pengunjung – yang umumnya usia muda- tertarik untuk mengulik informasi dan bahkan berfoto bersama mobil idaman.

Terlebih, HPM juga memungkinkan pengunjung mencoba simulasi berkendara Honda NSX GT3 melalui virtual reality. “Mobil dengan desain yang sporty dan kencang di lintasan balap telah menjadi DNA Honda selama bertahun-tahun. Melalui pameran ini kami ingin mengajak pengunjung mengenal lebih dekat salah satu mobil balap kami yakni Honda NSX GT3,” sesaat setelah gelaran IIMS 2018 dibuka, Kamis (19/4/2018) lalu.

Proses pengembangan

Mobil yang mengusung mesin 3.5L Twin-Turbocharged V6 yang dimodifikasi guna memenuhi persyaratan FIA itu telah berhasil meraih gelar di Detroit Grand Prix. Maklum, proses pengembangannya tak main-main.

Riset dan pengembangan dilakukan hingga akhir 2015 dengan melakukan pengetesan hingga menempuh jarak 85.000 km. Proses perancangannya dilakukan di dua negara, yakni Jepang dan Eropa. Setelah itu dirakit di Italia, dan diuji dalam lintasan balap di Santa Clarita, California.

Tenaga dahsyat yang disemburkan mesin disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi XTRAC semi otomatis 6 percepatan. Menariknya, NSX GT3 juga masih menggunakan spesifikasi yang sama dengan NSX biasa, seperti block, heads, valve train, crankshaft, piston, dan dry-sump lubrication system.

Pengunjung IIMS 2018 di depan booth Honda – dok.Motoris

Bodinya sengaja dibuat lebar dan rendah untuk meminimalisir gravitasi dan meningkatkan aerodinamis di atas frame berbahan dasar aluminium yang ringan tetapi sangat kokoh. Saluran udara di bagian depan, bawah, dan belakang dibuat lebih besar untuk menjaga agar suhu mesin tetap optimal.

Kebuasan performa NSX GT sudah dibuktikan dengan meraih izin lebih dari 24 kejuaran atas lisensi FIA di seluruh dunia, mulai dari GT Blancpain, Nurburgring 24 Hour Race, Super GT FR300 Class dan Pirelli World Challenge. Sebelumnya, Honda NSX GT3 telah memimpin di kelasnya pada ajang balap 24 Hours of Daytona dan memenangkan Grand Prix of Detroit, serta di ajang Six Hours of Watkins Glen.

Hanya 12 unit

Pada tahun 2018 ini, Honda NSX GT3 mulai diproduksi hanya sebanyak 12 unit untuk para pecinta mobil balap di seluruh dunia. Mobil tersebut akan dipasarkan di Eropa, Asia dan Amerika Selatan di bawah naungan JAS Motorsport.

Sedangkan pemasaran di wilayah Amerika Utara akan dilakukan oleh Honda Performance Development (HPD) dan di wilayah Jepang dilakukan oleh Mugen. (Sql)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This