El Toro Loco, Banteng Beringas Raksasa Sambangi Indonesia

El Toro Loco, Banteng Beringas Raksasa Sambangi Indonesia

Jakarta, Motoris – Hajatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 tak melulu menyuguhkan mobil teranyar, tetapi juga keunikan-keunikan lain, meski di mobil lawas sekalipun. Salah satu keunikan yang ditampilkan itu adalah monster truck, El Toro Loco, yang diundang langsung dari Amerika Serikat.

El Toro Loco atau yang dapat diartikan sebagai The Crazy Bull ini merupakan salah satu monster truck terkenal yang kini berkompetisi di ajang balap Advance Auto Parts, Monster Jam. Truk bongsor itu diproduksi oleh SFX dan PACE Motorsport pada tahun 2002.

Kehadiran El Toro Loco membetot perharian pengunjung IIMS 2018 – dok.Motoris

Dia juga tercatat sebagai salah satu monster truck pertama yang memakai rangka bodi 3D. Selain ukuran ban yang raksasa, ciri khas lain yang dimiliki adalah tanduk di atas atapnya.

Awalnya, desain bodi banteng edan sangar itu dibuat untuk diaplikasikan ke sebuah bulldozer. Tapi akhirnya dipasang ke chassis monster truck. Karena bentuk fisiknya yang ‘eye-catching’, El Toro Loco pun cepat popular. Bahkan ngetop di kalangan anak-anak.

El Toro Loco – dok.Motoris

Truk ini disokong sebongkah mesin V8 berkapasitas 8,8 liter yang memiliki tenaga maksimum hingga 1.000 hp. Tapi kalau sedang ‘menjalankan tugas’ di ajang Monster Jam, semburan tenaga bisa terdongkrak hingga 1.600 hp.

Hanya, untuk urusan konsumsi bahan bakar – alkohol – banteng edan berbobot 5 ton ini bisa dibilang super boros. Saking borosnya – karena 30-35 liter alkohol dalam tangki bahan bakar bisa habis ditenggak dalam waktu 12-15 menit- tak heran jika dia disebut alkoholik. (Adp)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This