Paing Sadewa Motor Custom Asal Kediri, Terbaik di Yokohama

Paing Sadewa Motor Custom Asal Kediri, Terbaik di Yokohama

Jakarta, Motoris – Patokan menggarap motor custom tak melulu harus menggandalkan tipe lawas. Motor zaman now yang berteknologi injeksi juga bisa dirombak, seperti halnya Honda CBR250R 2014 olahan Puspa Kediri Custom.

Ubahan yang dilakukan Aya Sofia selaku builder Puspa Kediri memang ciamik. Basis motor sport bawaan CBR tetap dipertahankan, meski bentuknya dirombak total menggunakan konsep boardtracker yang tenar sebagai motor balap pada era 1930-an.

Hanya mesin yang tidak berubah. Sementara sektor lain dibuat ulang. Tampilan ramping dan klasik menjadi ciri utama. Setelah itu dipadukan dengan keunikan tata letak tangki yang posisinya berada di bawah frame, bukan di atasnya.

 

Hanya frame dan mesin yang masih asli meski juga tak luput dari sentuhan ubahan – dok.istimewa

Motor yang ikut unjuk diri bersama chopper milik Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 ini juga tampil maksimal di tiap sisi.

Baca juga: T-005 Cross, Motor Custom Indonesia Pameran di LA

Konsep boardtracker yang dituangkan cukup menyeluruh, seperti custom frame rigid, jok single seater dengan model sadel dan per di bawahnya, sampai sok depan ala springer lawas. Aksesori pendukung juga dibuat mengikuti kontras tampilan old school boardtracker.

Paduan gaya lawas dengan teknologi modern tersirat dari bentuk mesin single silinder CBR yang blok kiri-kanan sudah dilapis krom. Menariknya, Aya juga ikut merombak sistem pembakaran dari injeksi menjadi karburator.

Tangki BBM yang dipasang di bawah frame – dok.istimewa

Proses perombakan itu memakan waktu kurang lebih empat bulan. Kendala utama ada saat proses perombakan yang harus mengurut kembali sistem kelistrikan serta memindahkan fitur combi brake khas Honda ke frame dan kaki-kaki baru yang dibuat handmade.

“Karena rombak semuanya, jadi saat mau pasang lagi itu ribet. Terutama menghubungkan kembali fitur combi brake pada rem belakang,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Hasilnya, berbuah manis. Motor berjuluk Paing Sadewa ini berhasil menggondol penghargaan bergengsi, yakni motor terbaik versi Chopper Jurnal dalam ajang Yokohama Hot Rod Custom 2018 di Jepang. (Sql)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Royal Enfield Himalayan Bikin Pengunjung IIMS Penasaran.

CATEGORIES
TAGS
Share This