Toyota Corolla DX, Memori Sekaligus Investasi

Toyota Corolla DX, Memori Sekaligus Investasi

Jakarta, Motoris – Kesan negatif bahwa mobil retro adalah mobil rongsok yang kerap mogok karena faktor usia tidaklah selamanya benar. Kini mobil retro semakin banyak digemari, selain untuk mengenang memori juga sebagai sarana investasi.

Salah satu mobil retro yang menjadi buruan masyarakat adalah Toyota Corolla KE70 atau yang biasa disebut Corolla DX. Bahkan, harga sedan retro Toyota ini sudah bisa dibilang tidak wajar.

“Untuk yang standar dan kondisi yang butuh perbaikan saja harganya berkisar Rp 30-50 juta. Sedangkan yang sudah full restorasi dan part yang full original, harga bisa mencapai Rp 250 juta,” salah satu kolektor Corolla DX, Roy Iskandar, saat ditemui Motoris, di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Salah satu model Toyota Corolla DX yang menjadi buruan kolektor – dok,Motoris

Namun, untuk mencapai harga sebesar itu Corolla DX juga harus dalam kondisi tertentu. Body yang masih original menjadi syarat utama. Tak ada dempul tebal merupakan salah satu indikator utama.

Begitu pun dengan bagian interior. Bagian dashboard misalnya, masih utuh dan tidak ada retak atau pecah.
Terlebih jika mobil itu diimbuhi pernak-pernik atau aksesoris seperti penggunaan velg retro atau rally pada zamannya yang semuanya original. Jika itu semua dipenuhi, maka harga Corolla DX pun akan mencuat.

Baca juga: MR2 Rally Look, Sedan Mid-Engine Legendaris Toyota

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-MR2 Rally Look, Sedan Mid-Engine Legendaris Toyota.

Generasi keempat

Generasi keempat sedan ini diproduksi pada 1980-1983. Bentuknya yang kotak dan tak termakan zaman menjadi kekhasan tersendiri. Model lansiran tahun 1980 mempunyai lampu depan bulat 4 buah, bemper besi dan interiornya coklat muda.

Setelah itu, Toyota merils model facelift pada tahun 1981 dengan ubahan pada gril yang lebih panjang dan lampu depan berbentuk kotak dengan ukuran yang kecil.

Penyegaran kembali dilakukan pada 1982. Ubahan dilakukan pada bagian lampu depan kotak, dengan memperbesar ukurannya. Kemudian pabrikan itu membuat garis-garis di fender depan dan kap mesin.

Toyota Corolla DX model tahun 1983 – dok.MobilBekas.com

Tak hanya itu. Interior pun tak luput dari sentuhan perubahan. Jika sebelumnya berkelir coklat muda berganti menjadi coklat tua. Toyota mengimbuhi bagian speedometer dengan takometer.

Perubahan kembali dilakukan pada tahun 1983. Bemper karet dan fitur bukaan bagasi serta tutup bensin dari dalam kabin menjadi penanda ubahan tersebut.

Namun, satu hal yang tak mengalami ubahan sejak awal, yakni mesin. Dapur pacu Colla DX sejak awal hingga tahun akhir, tetap mesin 4K SOHC 1300cc yang mempunyai kesamaan dengan mesin Toyota kijang.

Menariknya, sampai sekarang untuk mencari komponen part mesin masih gampang. (Rev)

CATEGORIES
TAGS
Share This